BEST CHOICE 4 BETTER FUTURE

 

NGOBROL SANTAI DENGAN KEPALA KEMENAG KOTA BATU

Oleh: Rochani Ningsih, S.Pd.
Guru Ekonomi MAN KOTA BATU

Ngobrol santai dengan ditemani teh hangat sungguh mengasyikkan. Apalagi jika dilengkapi dengan makanan sehat lima sempurna.  Ngobrol santai identik dengan nongkrong di warung sambil makan, tetapi tidak selalu bermakna negatif. Kondisi yang demikian kami alami ketika bertemu dengan Bapak Musta’in, selaku  Kepala Kemenag Kota Batu. Terkesan santai tetapi menghasilkan berbagai pemikiran yang bermanfaat.

                Pada hari Rabu, tanggal 25 April 2018 pukul 13.00 WIB, bertempat di rumah makan hotplate yang beralamat di Jl. Pattimura Temas Batu, kami  guru MAN Kota batu bertemu dengan Kepala Kemenag Kota Batu. Pertemuan non formal ini, bisa dikatakan jamuan makan yang dilakukan atas inisiatif Bapak Musta’in sebagai salah satu pemberian motivasi kepada guru-guru MAN yang telah memberanikan diri untuk mengembangkan diri dengan menulis buku. Kami empat orang guru MAN Kota Batu mengampu mata pelajaran yang berbeda. Ibu Rini Waraswati mengampu matpel Matematika, Ibu Yayuk Kurniawati mengampu matpel Bahasa Inggris, Ibu Sukrowati Arni mengampu matpel Kimia, serta saya sendiri mengampu matpel Ekonomi Akuntansi.

Suatu kehormatan yang luar biasa bagi kam,i ketika Bapak Musta’in mengundang kami melalui handpone untuk bertemu beliau di RM Hotplate. Dengan gaya bicara yang santai dan low profile, beliau mengajak kami bertukar pikiran dan ngobrol tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kemajuan MAN Kota Batu. Bermula dari kegiatan kami yang ingin mengenalkan MAN Kota Batu melalui tulisan sampai ke hal-hal yang berkaitan dengan input dan output siswa MAN Kota Batu.

Menurut Bapak Musta’in, MAN Kota Batu mempunyai peluang yang besar untuk menjadi madrasah yang unggul di Kota Batu. Berbagai elemen perlu dibenahi untuk meningkatkan kualitas output MAN Kota Batu. Salah satu elemen terpenting yang perlu diperhatikan adalah peningkatan kualitas guru dalam rangka mendongkrak kualitas output MAN Kota Batu. Tidak lupa pula kerjasama lintas sektoral harus tetap dilaksanakan dengan maksimal.

Bapak Musta’in yang bergelar Doktor tersebut berpendapat, merupakan hasil                  yang istimewa dari suatu madrasah apabila input nilai peserta didik yang semula 6 menjadi 9 setelah melalui proses pembelajaran di madrasah. Sungguh capaian yang luar biasa. Sebaliknya merupakan hal lumrah apabila madrasah favorit dengan input nilai 8 outputnya mencapai nilai 9 setelah proses pembelajaran di madrasah . Sementara di bidang olahraga pada event- event tertentu yang semula tidak berprestasi, kini dapat mengukir prestasi menjadi seorang olahragawan muslim. Dengan demikian nilai akademis dan non akademis hendaknya berjalan beriringan menjadi penopang label madrasah unggul.

  Dengan bahasa yang lugas Bapak Musta’in mengemukakan bahwa  kualitas guru madrasah sungguh luar biasa terutama guru-guru MAN Kota Batu, terbukti guru-guru bersemangat tinggi untuk belajar dan terus belajar  menghasilkan karya tulis berbentuk buku. Harapan beliau kedepannya akan semakin banyak guru-guru MAN yang akan menghasilkan karya tulis, dimana karakter kreativitas di bidang karya tulis ini akan menular kepada peserta didiknya. Murid berkarakter akan lahir dari seorang guru yang berkarakter. Murid yang kreatif lahir dari guru-guru yang kreatif pula.

Pukul 14.15 obrolan kami ditutup dengan pesan Bapak Musta’in bahwa seorang guru hendaknya terus menghidupkan ruh  seorang pendidik yang tidak akan pernah jemu mendidik murid-muridnya. Dengan perasaan tulus ikhlas mendidik dan mengajar , disertai dengan kesabaran untuk menyentuh perasaan mereka Insya Allah transfer nilai dan ilmu kepada mereka akan sampai dengan tepat dihati mereka. Demikian obrolan kami disiang hari dengan Kepala Kemenag Kota Batu bukan sekedar ngobrol tetapi menghasilkan pemikiran yang bermakna. Terimakasih kami ucapkan kepada Bapak Musta’in selaku Kepala Kemenag Kota Batu dan bapak Sudirman selaku Kepala MAN Kota Batu yang telah meluangkan waktu untuk mendukung kami agar terus berkarya. Walaupun bapak Sudirman tadi siang tidak bisa hadir karena ada tugas lain, kami yakin beliau sangat mendukung aktivitas kami.

 

Foto kebersaman guru-guru MAN Batu bersama Bapak Musta’in

Foto jamuan makan sebagai bentuk apresiasi Bapak Musta’in terhadap guru MAN Kota Batu