BEST CHOICE 4 BETTER FUTURE

 

REPORTASE PERINGATAN HARI KARTINI 2018
MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BATU
(Sabtu, 21 April 2018)

 

Oleh: Khalimatus Sakdiyah (Waka Humas MAKOBA)

Baju kebaya yang dikenakan oleh para siswi saat peringatan hari Kartini, mengingatkan kita semua pada suatu peristiwa penting yang terjadi di negara kita tercinta ini. Peristiwa lahirnya sang tokoh wanita Indonesia pada tanggal 21 April 1879 di kota Jepara. Kelahiran Raden Ajeng Kartini telah menorehkan sejarah nasional. Banyak hikmah, pelajaran, dan keteladanan yang dapat kita ambil dari sejarah tersebut.

Agar nilai sejarah para tokoh pejuang bangsa tidak pudar dari generasi penerus bangsa ini, maka peringatan bersejarah di negeri ini mutlak perlu diadakan di setiap Lembaga dan instansi. Peringatan ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Peringatan hari Kartini dapat dilakukan dengan mengadakan serangkaian acara Gebyar Semarak Kartini. Berbagai macam lomba, seminar dan talk show, serta pertunjukan lainnya.

Jika setiap peringatan hari besar di negeri ini selalu diperingati, maka jiwa patriotisme generasi penerus bangsa ini secara otomatis akan tertanam. Generasi penerus bangsa tidak akan kehilangan jejak rekam tokoh pejuang bangsanya. Biografi para tokoh pejuang bangsa akan melekat kuat di hati para penerus bangsa. Nilai-nilai karakter seorang tokoh akan menjadi cermin bagi idolanya. Karena itu peringatan hari besar nasional sangat penting untuk selalu dilestarikan. Khususnya di Lembaga Pendidikan, baik negeri maupun swasta. Agar terbentuk penokohan idola terhadap tokoh pejuang bangsa.

Setiap tanggal 21 April, OSIS Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu, mengadakan peringatan hari Kartini sebagai salah satu agenda kegiatan tahunan. Mohammad Dava Nugroho sebagai ketua OSIS MAN Kota Batu, menggagas peringatan hari Kartini pada tahun ini dengan menampilkan bakat dan kreativitas siswa. Acara peringatan hari Kartini, Sabtu tanggal 21 April 2018 dipandu oleh Rifki Qolbi kelas XI MIPA 2 dan Fitrah kelas X MIPA 4. Bakat dan kreativitas siswa yang ditampilkan dalam acara peringatan hari Kartini tersebut antara lain pembacaan puisi, penampilan tari, dan drama kolosal yang berjudul ‘ADANU ADI KARTINI’ (bahasa Sangsekerta) yang berarti ‘Cahaya Jiwa Kartini’.

Acara peringatan hari Kartini di MAN Kota Batu dimulai pada jam 09.00 WIB dan berakhir pada jam 11.00 WIB. Setelah acara ini dibuka, dilanjutkan dengan unjuk kebolehan Team Paduan Suara MAN Kota Batu dibawah bimbingan Ibu Yosefa Petra Paula Pada, S.Pd.

 

Pembacaan puisi tentang perjuangan Kartini juga dibacakan di halaman Madrasah. Puisi-puisi yang dinikmati oleh semua siswa yang mengikuti acara peringatan hari Kartini tersebut, adalah Puisi-puisi yang bertema wanita.

 

 

Selain pembacaan puisi, penampilan yang lebih didominasi oleh siswi adalah penampilan seni tari. Ada tiga jenis tarian yang ditampilkan. Tari ‘puspasari’ sebagai tari persembahan yang lebih menunjukkan pada tarian pembuka.

 

 

Dari penampilan yang ditunjukkan oleh siswi MAN Kota Batu, ternyata siswi Madrasah juga bisa menampilkan tarian secara totalitas. Tarian yang lain adalah tarian ‘Manuk Dadali’ dan tarian ‘Nusantara’.

 

 

Drama Kolosal merupakan penampilan terakhir dari rangkaian acara peringatan hari Kartini tahun ini. Drama ini menceritakan perjuangan R.A Kartini dalam memperjuangkan nasib kaum wanita yang tidak mendapatkan kesempatan untuk bersekolah. Dengan penampilan Drama Kolosal ini, diharapkan siswa lebih mudah memahami sejarah nasional demi tertanam jiwa patriotisme.