BEST CHOICE 4 BETTER FUTURE

REPORTASE SEMINAR NASIONAL
DALAM SEMARAK HARDIKNAS 2018

(Minggu, 22 April 2018)
0leh: Rini Waraswati, S.Pd, M.Si
Pendidik/Guru Pengajar Matematika MAN Kota Batu

Semarak HARDIKNAS Jawa Timur 2018, diselenggarakan atas kerja bareng Tujuh UPT KEMDIKBUD, DINDIK KOTA MALANG dan DINDIK PROPINSI JAWA TIMUR,  diadakan mulai tanggal 21-27 April 2018 bertempat di PPPPTK-BOE, Jl. Teluk Mandar Arjosari Malang. Acara dalam sepekan itu antara lain, Seminar Nasional, One Day Job Fair Malang, Talk Show, Pameran dan Bazar Buku, Lomba Robotik, Workshop media belajar, Klinik Literasi, Musikalisasi Puisi, Pemutaran Film, hingga Festival mewarna PAUD.

            Dari acara sepekan tersebut yang dibuka pada hari sabtu, dimeriahkan oleh lomba mewarna yang diikuti oleh anak PAUD, bazar buku dari beberapa penerbit ternama, dan karya siswa dari beberapa sekolah. Dari sekian acara tersebut ada yang paling spesial yaitu acara pada hari minggu, Seminar Nasional “Membumikan Literasi” dengan keynote speaker : Bp. Prof. Dr. H. Muhadjir Effendy (Mendikbud RI).  Dengan hadirnya Bapak Menteri tersebut, acara ini semakin semarak karena peserta yang ikut membludak, yang awalnya disediakan panitia undangan untuk 150 peserta , ternyata membengkak hingga 227 peserta. Kabupaten/ Kota yang ikut berpartisipasi dalam seminar diantaranya adalah Bangkalan, Blitar, Gresik, Jember, Jombang, Kediri, Lamongan, Lumajang, Malang, Mojokerto, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Trenggalek, Surabaya, dan Kota Batu.

            Dari Kota Batu sendiri diwakili oleh 22 peserta, dan Alhamdulillah 5 di antaranya adalah Guru pengajar di MAN Batu. Banyak sekali ilmu yang kita dapatkan terutama untuk pengembangan diri agar bisa menjadi pengajar yang lebih baik. Dengan tema seminar “Membumikan Literasi”, diharapkan guru tidak seperti katak dalam tempurung. Merasa sudah hebat, namun saat bersosialisasi dengan guru di tempat lain tidak tahu apa-apa. Untuk itu kita harus belajar ber-Literasi dalam segala hal. Harus mampu membaca, melihat, mendengar, mengamati, memaknai apa yang ada di lingkungan kita, untuk kita jadikan sebuah inspirasi. Dengan guru yang banyak inspirasi, maka diharapkan dapat menular pada siswanya. Karena sebagai pendidik kita harus bisa menyiapkan siswa yang bisa “Respon” di jamannya. Artinya siswa juga dituntut bisa ber-Literasi dalam segala hal. Itu sesuai dengan pernyataan dari Prof. Dr. H. Muhadjir Effendy dalam Seminar Nasional tersebut. Semua inspirasi yang didapat sebaiknya ditulis, karena ide apapun tidak akan ada manfaatnya apabila tidak kita wujudkan dalam suatu tulisan.

 Pendidikan adalah sumber peradaban bangsa. Sudah saatnya kita tidak berdiam diri, dengan semangat Hardiknas mari kita terus tingkatkan kinerja dengan selalu berusaha mengembangkan kemampuan diri melalui Literasi agar bisa mempersiapkan generasi-generasi yang cemerlang pada jamannya.

MENDIKBUD Prof. Dr. H. Muhadjir Effendy

Kelima guru MAN Batu yang ikut dalam acara “Seminar Nasional.

Dari kiri ke kanan: Dian Komalasari, Khalimatus Sa’diyah, Rini Waraswati, Yayuk Kurniawati, Alfiah Nurul Aini.

SEMOGA BERMANFAAT