BEST CHOICE 4 BETTER FUTURE

REPORTASE KEGIATAN DHARMA WANITA PERSATUAN  DI LINGKUNGAN KEMENTRIAN KEAGAMAAN KOTA BATU

(Jumat, 27 april 2018)

Oleh: Dian Komalasari, S.Pd

Pendidik/Guru Pengajar Bahasa Arab MAN Kota Batu

Kegiatan rutin bulanan Dharma Wanita Persatuan di lingkungan Kemenag  Kota Batu pada bulan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 27 April 2018 , bertempat  di Kantor Kementrian Agama Kota Batu yang berlokasi di Jalan Sultan Agung no.10 Kota Batu.Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kartini ke-139.       

Kegiatan ini di hadiri oleh  tiga puluh sembilan  peserta yang berasal dari berbagai perwakilan  satuan kerja dibawah Kementrian Agama Kota Batu, diantaranya perwakilan dari guru –guru dan karyawan MAN Kota Batu, MTsN Kota Batu, Raudhotul  Athfal, Pengawas Pendidikan Agama Islam , beberapa guru agama di lingkungan Kemenag Kota Batu  dan beberapa pegawai dari Kantor Kementrian Agama Kota Batu serta Kantor Urusan Agama Kota Batu

                       

Adapun yang bertugas mengisi acara pada kesempatan ini adalah perwakilan dari satuan kerja MTsN Kota Batu, dengan susunan petugas sebagai berikut:MC (Ninik Alfiana, S.Pd), pembaca ayat suci Alquran( Nur Yayuk.F S.Ag), dirigen(Umroh Mahfudhoh,S.Si,M.Pd), pengisi keterampilan( tim pengajar MTsN Kota Batu) dan doa (Siti Purwati,S.Psi).

 Acara pembukaan  dimulai tepat pukul 10.45 yang dihadiri oleh Bapak Kepala Kementrian Agama Kota Batu Dr.Musta’in,M.Ag dan Bapak Kasubag TU   Kementrian Agama  Kota Batu Drs.Imam Turmudi,M.Ag. Pada kesempatan ini Bapak Kepala Kementrian Agama Kota Batu,  berkenan memberikan  sambutan.Beliau menyampaikan bahwa pertemuan  rutin bulanan ini harus dapat dijadikan sebagai sarana silaturahmi antar sesama anggota dan sebagai sarana untuk menuntut ilmu.Karena  pertemuan kali ini berkaitan dengan peringatan hari Kartini , Beliau juga berpesan agar kita sebagai wanita jaman sekarang harus memaknai bahwa emansipasi yang diajarkan oleh Kartini itu adalah emansipasi yang diikat oleh nilai-nilai Islam.Sehingga kita sebagai wanita tetap harus memerankan diri kita sebagai seorang pendidik yang sejati yang tidak meninggalkan kodrat kewanitaannya sehingga dapat melahirkan generasi-generasi yang berkualitas.

                    

Sambutan kedua disampaikan oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kemenag Kota Batu Ibu Dra.Chusnul Chotimah,M.Pd, pada kesempatan ini beliau menyampaikan untuk meningkatkan profesionalisme anggotanya, Dharma Wanita membekali para anggotanya dengan berbagai macam pelatihan keterampilan diantaranya pelatihan MC, pelatihan berbagai bidang ekonomi produktif , seperti merangkai bunga, membuat asesoris, memasak dan lain-lain. Sehingga melalui pembekalan tersebut para anggota dapat berperan aktif  dalam berbagai kegiatan di masyarakat dan dapat berperan penting dalam gerakan masyarakat sehat. Disamping itu juga Beliau berpesan agar semua anggota berperan aktif untuk  

memberantas narkoba, dengan cara memiliki kepedulian dan perhatian yang mendalam   terhadap seluruh anggota keluarga dan masyarakat, serta meningkatkan peran ibu di dalam keluarga dengan    membentengi anak-anak kita dengan nilai-nilai Islam. Sehingga diharapkan anak-anak kita tidak terjerumus  kedalam narkoba serta pergaulan bebas.Berkaitan dengan perayaan Hari Kartini ini, Beliau memaknai emansipasi adalah terus belajar dan tidak putus asa.

Adapun acara pelatihan keterampilan pada kesempatan ini diisi dengan pembuatan bros dari kain perecak,yang dipandu oleh tim guru dari MTsN Kota Batu.

  

Para peserta sedang mempraktekkan membuat bros dari kain pereca

Ada yang unik pada acara pertemuan darma wanita kali ini, yaitu diadakannya lomba Gandes Luwes. Mungkin karena berkaitan dengan peringatan hari Kartini yang ke- 139 dimana peserta diharuskan memakai kebaya untuk dilihat penampilannya  yang luwes dan menarik. Dan perlombaan  ini dimenangkan oleh Ibu Candra Nur Cholis (juara 1),Ibu Rini Waraswati. S.Pd,M.Pd (juara2) dan Ibu Dra. Latifah(juara3). Untuk juara dua dan tiga keduanya merupakan perwakilan dari MAN Kota Batu.

Acara diakhiri dengan pembacaan doa yang disampaikan oleh Ibu Siti Purwati,S.Psi perwakilan dari MTsN Kota Batu.

Semoga Dharma Wanita Persatuan di lingkungan Kemenag Kota Batu dapat terus meningkatkan profesionalisme para anggotanya dalam segala bidang, sehingga mereka dapat berperan aktif dan bermanfaat bagi kehidupan di masyarakat.