BEST CHOICE 4 BETTER FUTURE

HAFLAH AKHIRUSSANAH MAN KOTA BATU
TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Oleh: Rochani Ningsih, S. Pd
Guru Ekonomi MAN Kota Batu

 

 

Wahai anakku
Tiada terasa tiga tahun sudah
Engkau jalani hari-harimu dengan menimba ilmu di Madrasah MAN Kota Batu
Suka duka, tangis dan tawa, kegembiraan dan ketegangan
Kau lalui dalam kebersamaan dan kekeluargaan
Wahai anakku
Hari ini engkau goreskan tinta dalam sejarah hidupmu
Kau ayun langkah kaki meninggalkan jejak prestasi di madrasah ini
Menapaki tangga kehidupan yang lebih tinggi,
Lanjutkan perjuanganmu wahai anakku
Ingatlah pesan gurumu dalam setiap langkahmu
Tegakkan sholatmu sebagi pondasi kehidupanmu
Tebarkanlah ilmu kebajikan di bumi Allah untuk kemaslahatan umat Nabimu
sebagai wujud ketaatanmu
(Puisi diatas adalah pusi  khusus yang penulis persembahkan untuk wisudawan- wisudawati angkatan 39 MAN Kota Batu)


Perhelatan akbar “Haflah Akhirussanah” MAN Kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 digelar di gedung Aula MAN Kota Batu yang beralamatkan di Jl. Pattimura 25 Temas  Batu pada Hari Rabu, tanggal  9 Mei 2018 . Kegiatan tersebut  merupakan kegiatan akhir dari rangkaian kegiatan kelas XII angkatan 39 MAN Kota Batu. Acara yang bertajuk “Haflah Akhirussanah” ini dihadiri oleh 348  wisudawan-wisudawati dan wali siswa serta tamu undangan dari berbagai pihak terkait antara lain: Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batu, jajaran komite MAN Kota Batu  dan kepala kelurahan Temas, serta RT/RW setempat. Karena kapasitas gedung hanya cukup menampung kurang lebih  600 orang, maka sebagian dari wali siswa menempati  tenda depan aula dengan dilengkapi slide layar LCD agar dapat ikut menyaksikan acara tersebut.

Gambar:  Tenda yang disediakan panitia di depan Gedung Aula               
Acara Haflah Akhirussanah tahun ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Nuansa islami sangat kental pada acara kali ini. Pukul 07.45 WIB acara Haflah Akhirussanah dimulai dengan lantunan sholawat dari grup banjari Man Kota Batu yang dibina oleh Bapak Zaini (Pembina Banjari Man Kota Batu). Nuansa Islami yang menjadi ciri khas madrasah kian terasa ketika lantunan sholawat badar mengiringi segenap civitas akademika MAN Kota Batu memasuki ruangan. Derap langkah dua orang siswa pembawa bendera merah putih di barisan terdepan membuat suasana lebih khidmat. Dilanjutkan barisan berikutnya Bapak kepala madrasah, Bapak/Ibu Waka dan Ka TU, Bapak Ibu guru beserta staf MAN Kota Batu.

Gambar: Grup Banjari MAN Kota Batu melantunkan Sholawat Ba’dar
Wisudawan dan wisudawati memasuki gedung aula dengan    didampingi Bapak/ Ibu wali kelas masing-masing. Dipandu empat orang MC dengan menggunakan empat  bahasa yang berbeda, para hadirin menyanyikan lagu Indonesia raya, dilanjutkan dengan hymne madrasah dan mars madrasah. Empat orang MC yang bertugas pada acara tersebut adalah Rifky siswa kelas XI IPA 2 sebagai MC bahasa jawa, Rosdiana siswi kelas XI Bahasa sebagai MC bahasa Inggris, Wafiq siswa kelas XI Agama sebagai MC bahasa Arab dan M. Faris  siswa kelas XI IPA 4 sebagai MC bahasa Indonesia.

Gambar:  Siswa- siswi yang bertugas menjadi MC
Kegiatan Haflah Akhirussanah tahun pelajaran 2017/2018 dibuka dengan membaca Al Fatihah bersama-sama  yang dipandu oleh  pembawa acara. Selanjutnya Prayogi Kurniawan siswa kelas XI Agama dengan suara yang merdu membaca Ayat suci Alqur’an yaitu surat Al Baqarah ayat 30 bersama Hanum dari kelas XI IPA 2 sebagai penerjemah.

Gambar: Pembacaan Ayat suci Alqur’an oleh siswa-siswi MAN Kota Batu          
Munawirul Qulub, S.Pd, Msi, selaku Waka Kurikulum MAN Kota Batu bertugas membacakan surat keputusan kelulusan siswa-siswi MAN Kota Batu tahun 2017/2018. Dalam surat keputusan tersebut  dinyatakan bahwa siswa-siswi MAN Kota Batu tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 348 siswa lulus 100%.  Adapun rincian per jurusan adalah sebagai berikut: Jurusan IPS dengan jumlah 123 siswa, jurusan IPA dengan jumlah 166 siswa, jurusan Bahasa dengan jumlah 28 siswa, serta jurusan Agama dengan jumlah 31 siswa.

Gambar: Waka Kurikulum MAN Kota Batu
Diantara tamu undangan,  tampak hadir Dr. Musta’in yang menjabat sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batu sejak tahun 2017. Beliau diberi kesempatan pertama untuk memberikan sambutan pada acara yang diketuai oleh Dian Komalasari, S.Pd  tersebut. Dalam sambutannya Dr. Musta’in menyampaikan bahwa dengan digelarnya acara Haflah Akhirussanah ini berarti tanggung jawab pendidikan yang telah dilaksanakan di MAN Kota Batu selama 3 tahun dikembalikan lagi kepada orang tua siswa. Beliau berpesan “Awasi betul putra-putrinya jangan sampai terkena NARKOBA”. Fakta dilapangan menunjukkan hampir 70% penghuni LAPAS adalah generasi muda yang terkena NARKOBA. Dengan bekal ilmu yang diberikan di MAN Kota Batu mudah-mudahan anak anak punya filter yang kuat untuk dapat menangkal pengaruh NARKOBA sehingga dapat berprestasi di jenjang yang lebih tinggi sesuai bakat dan kemampuan masing-masing.  Menurut beliau MAN Kota Batu punya potensi dan peluang besar meraih prestasi apalagi pada bulan Juni mendatang MAN Kota Batu akan mulai membangun gedung berlantai 3 dengan dana SBSN untuk melengkapi sarana prasarana pendidikan di MAN Kota Batu. Kalau pada tahun ini yang mendapat nilai 100, satu orang siswa pada Matpel  Matematika, maka pada tahun-tahun yang akan datang yang mendapat nilai 100 lebih dari satu siswa. Pada akhir sambutannya beliau berpesan seluruh akademisi MAN Kota batu hendaknya tetap  fastabikhul Khoirot, agar kedepannya MAN Kota Batu  ikut mewarnai prestasi dunia pendidikan baik di kota Batu maupun prestasi  di event-event propinsi dan nasional.

Gambar:  Kepala Kemenag Kota Batu
Tim karawitan MAN Kota Batu tampil mengisi jeda waktu sebelum acara prosesi wisudawan-wisudawati dimulai. Tim karawitan ini  dibina oleh Bambang Hermawan, S.Sn yang menjadi guru SBK di MAN Kota Batu. Pembina karawitan yang biasa dipanggil Pak Bambang oleh siswa-siswi  beliau, adalah pemilik sanggar karawitan “SKI Kota Batu”. Beberapa lagu yang dimainkan dengan iringan gamelan karawitan mampu membawa suasana lebih meriah. Kerjasama yang baik antara tim karawitan dengan tim paduan suara mencerminkan harmonisasi kehidupan di madrasah yang selaras dengan alunan perpaduan musik  yang mereka mainkan.

Gambar: Grup Karawitan MAN Kota Batu dengan pembina Bambang Hermanto, S.Sn (Pemilik sanggar SKI   Kota Batu)


Gambar: Tim Paduan Suara MAN Kota Batu dibawah bimbingan Paula Yosefa Pada, S.Pd
Acara inti pada kegiatan Haflah Akhirussanah adalah Prosesi Wisudawan Wisudawati   MAN Kota Batu Tahun pelajaran 2017/2018. Acara prosesi ini dipandu oleh Faridah Ariani, S.S dan Yusna Affandi, S.Pd, M.Pd sebagai pembawa acara. Dimulai dari kelas XII Bahasa dengan wali kelas Dian Komalasari, S.Pd, kemudian berturut-turut XII IPA1 dengan wali kelas Yayuk Kurniawati, S.Pd, MPd, XII IPA 2 dengan wali kelas Imro’atul Khosiyah, S.Pd, XII IPA 3 dengan wali kelas Dra. Nurul Cahasanah, XII IPA 4 dengan wali kelas Dra. Purwati, XII IPA 5 dengan wali kelas Muhajir S.Pd, dilanjutkan dengan kelas XII IPS 1 dengan wali kelas Sabillah Amrulloh , Sarjana Sosiologi, XII IPS 2 dengan wali kelas Dwi Santoso, S.Pd, XII IPS 3 dengan wali kelas Rini Waraswati, S.Pd, Msi, XII IPS 4 denga wali kelas Mesmi, S.Pd, dan diakhir prosesi adalah kelas XII Agama dengan wali kelas Ani Nur’aisyah, S.Ag. Dengan diringi lagu nasional dan lagu daerah oleh tim paduan suara MAN Kota Batu yang dibina oleh Ibu Yosefa Paula Pada, acara prosesi berjalan lancar dan khidmat.

Gambar: Wisudawan-wisudawati pada acara prosesi Haflah Akhirussanah
Selang beberapa menit acara prosesi berakhir,  H. Sudirman, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu memberikan sambutan dan pesan untuk wisudawan- wisudawati. Dalam sambutannya beliau mengajak para wisudawan untuk selalu bersyukur dan bersyukur bahwa mereka dinyatakan lulus 100%, serta 52 siswa dari 348 siswa sudah diterima diperguruan tinggi melalui jalur prestasi. Harapan beliau, kedepannya siswa siswi yang telah lulus ini kelak mampu menjadi profesional muslim yang handal di bidangnya masing-masing. Apabila lulusan MAN Kota Batu saat ini masuk perguruan tingi jurusan arsitektur, maka kelak dia akan mampu menjadi arsitektur dengan membawa hasil design bangunan yang spektakuler, mereka akan datang kembali dengan pola pikir yang lebih dewasa dan lebih matang. Beliau berharap kedepannya semakin banyak siswa- siswi MAN Kota Batu yang diterima di perguruan tinggi negeri.
.


Gambar: Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu
Sambutan dari Kepala MAN Kota Batu  dilanjutkan dengan penyerahan siswa /siswi secara simbolis kepada orang tua siswa yang dalam hal ini diwakili oleh wali siswa dari Dian Puspitasari   kelas XII Bahasa (peraih nilai 100 pada Matpel Matematika) dan wali siswa dari Latif Al Banna kelas XII IPA. Dalam kesempatan ini Ayahanda Dian puspitasari selaku wakil dari wali siswa angkatan 39 MAN Kota Batu menerima penyerahan kembali putrinya dan menyatakan permohonan maaf kepada pihak madrasah atas kesalahan yang telah diperbuat  putra-putri mereka selama 3 tahun menimba di MAN Kota Batu baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Tidak lupa pula beliau juga menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pihak madrasah terutama Bapak/Ibu guru yang dengan penuh kesabaran telah menghantarkan putra-putri mereka sampai lulus dan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Sambutan yang terakhir disampaikan oleh Ketua Komite MAN Kota Batu yang dalam hal ini diwakili oleh  Zainullah Anwar, M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terimakasih kepada Bapak/Ibu guru dan Ka TU beserta  staf yang telah bersinergi dengan komite madrasah dalam mengemban amanat pendidikan sehingga mereka lulus 100%. Menurut beliau profesi guru adalah profesi mulia yaitu mendidik anak bangsa sehingga mereka menjadi anak yang sholeh sholihah. Kerjasama yang baik antara pihak madrasah baik Kepala Madrasah, guru maupun Ka TU dan staf  dengan pihak komite perlu terus ditingkatkan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan madrasah.

Gambar: Sambutan ketua Komite MAN Kota Batu Zainullah, MSi
Acara yang dinantikan oleh para wisudawan dan wisudawati pun tiba yaitu pengumuman siswa-siswi berprestasi yang disampaikan oleh Dra. Khalimatus Sa’diyah, M.Pd. Dalam kata pengantarnya beliau menyampaikan harapan kepada Bapak/Ibu orang tua siswa untuk turut mendukung keberhasilan  putra-putri mereka dengan do’a, karena do’a orang tua merupakan senjata ampuh untuk menghantarkan putra-putri mereka dalam mencapai keberhasilan hidup.  Beliau juga memaparkan beberapa hasil karya siswa berupa kain batik yang dipakai di meja depan panggung serta piala piala yang berderet di etalase piala sebagai bentuk rasa bangga terhadap prestasi mereka selama ini. Kebanggan disini bukan berarti riya’ tetapi bangga sebagai wujud rasa syukur atas prestasi siswa-siswi selama ini, yang tentunya tidak terlepas dari dukungan dan do’a orang tua. Ibu Khalimah yang menjabat sebagai Waka Humas saat ini, mewakili pihak madrasah menyampaikan permohonan maaf atas keterbatasan madrasah dalam memfasilitasi anak-anak belajar di MAN Kota Batu selama kurun waktu 3 tahun.
Adapun siswa siswi yang berprestasi pada tahun 2017/2018 (diambil dari rata-rata nilai Raport, USBN, UAMBN, dan UNBK) adalah sebagai berikut:
Program Bahasa:
Peringkat 1 atas nama Dian Puspitasari dengan nilai rata rata 82,62
Peringkat 2 atas nama Azizah Fatimah Assyahro dengan nilai rata-rata 76,86
Peringkat 3 atas nama Yulia Kurniasari dengan nilai rata-rata 76,78
Program IPA
Peringkat 1 atas nama M. Latif Al Banna dengan nilai rata rata 85,35
Peringkat 2 atas nama Evika Fatmala Devi dengan nilai rata-rata 82,73
Peringkat 3 atas nama Muhammad Yusuf Baity  dengan nilai rata-rata 80,88
Program IPS
Peringkat 1 atas nama David Maulana dengan nilai rata rata 81,18
Peringkat 2 atas nama Fega Vande Sugita dengan nilai rata-rata 80,99
Peringkat 3 atas nama Rika Navi’atul Khasanah  dengan nilai rata-rata 79,49
Program AGAMA
Peringkat 1 atas nama M. Nashichuddin dengan nilai rata rata 78,48
Peringkat 2 atas nama Rukhila Maria Ulfa dengan nilai rata-rata 78,46
Peringkat 3 atas nama Ela Nadiatus Sa’adah  dengan nilai rata-rata 77,61

Gambar : Lulusan Terbaik tahun pelajaran 2017/2018 bersama Kepala MAN Kota Batu


Wisudawan Wisudawati tahun pelajaran 2017/2018 turut menyemarakkan acara Haflah Akhirussanah dengan menampilkan acara persembahan yang dikoordinir oleh M. Habib dari kelas XII Agama. Acara persembahan yang diawali dengan pemberian kenang-kenangan berupa mimbar masjid dan koleksi buku perpustakaan ini sangat menarik perhatian para hadirin.  Apalagi ketika slide LCD menayangkan film pendek yang menceritakan aktivitas mereka sebagai siswa-siswi di MAN Kota Batu.  

Gambar: Habib dan kawan-kawan memberikan cindera mata untuk MAN Kota Batu


Merupakan kreativitas yang membanggakan dari wisudawan-wisudawati angkatan ke 39 MAN Kota Batu, ketika mereka menunjukkan kekompakan, kebersamaan , dan kekeluargaan dalam menempuh pendidikan di MAN Kota Batu lewat film pendek yang berdurasi kurang lebih 15 menit .  Berasal dari latar belakang yang berbeda, mereka menempuh pendidikan di MAN Kota Batu. Merasakan suka dan duka, pahit manis, ketegangan dan kegembiraan, mereka lalui dengan kebersamaan  dalam menjalani segala aktivitas madrasah selama 3 tahun ini, tergambar dalam  tayangan tersebut. Film pendek karya siswa-siswi tersebut diakhiri dengan tayangan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang mereka ikuti di MAN Kota Batu. Sebagai persembahan terakhir mereka melantunkan  lagu “Mungkinkah” yang dinyanyikan duet oleh Maulana Mutim dari kelas XII Bahasa dan Ananda Rizky dari kelas XII IPA 2.
Tepat pada pukul 11.30 WIB pembacaan do’a yang dipimpin oleh Drs. Tonem Hadi yang pernah menjabat sebagai  Kepala MAN Kota Batu , mengakhiri rangkaian acara Haflah Akhirussanah MAN Kota Batu tahun pelajaran 2017/2018. Acara Haflah Akhirussanah ini terlaksana dengan lancar karena dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak. Inilah wujud nyata kebersamaan dan kerjasama dari berbagai kompenen antara lain Kepala Madrasah sebagai penanggung jawab, Bapak/Ibu guru , Ka TU dan karyawan, Wisudawan- wisudawati, OSIS MAN Kota Batu yang diketuai oleh M. Dava Nugroho, tim paduan suara, tim karawitan, kru di balik panggung serta  partisipasi para wali siswa yang tergabung dalam Komite Madrasah Aliyah Negeri Batu. Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara ini, termasuk Batu TV yang meliput secara langsung , semoga apa yang kita lakukan akan di catat sebagai amal ibadah di sisi ALLAH SWT. Acara ini akan ditayangkan ulang di Batu TV pada tanggal 18 Mei 2018 pukul 14.30 WIB.

Gambar:  Dewan  guru MAN Kota Batu

Gambar: Komandan Sie acara Rini Waraswati, S.Pd, Msi foto bersama kru operator di balik panggung