• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

Diseminasi Penyusunan Soal HOTS Tingkat MA se-Kota Batu

Nurjanah, S.Pd.I, MA Memberikan Materi tentang penyusunan soal HOTS, Selasa siang (16/02)

Batu, 16 Februari (16/02) 2021 bertempat di gedung PTSP MAN Kota Batu diadakan kegiatan pertemuan MGMP PAI/Bahasa Arab MA Kota Batu. Dalam kesempatan itu, salah satu Guru MAN Kota Batu menyampaikan Diseminasi “Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Persiapan Ujian Madrasah Tahun 2021”.

Diseminasi tersebut dihadiri oleh kurang lebih 18 guru PAI dan Bahasa Arab dari  MAN Kota Batu, MA Bilingual dan MA Ma`arif Kota Batu. Dalam kesempatan itu, hadir pula Bapak Rohmatulloh, S.Sos, MM selaku Kasi Pendma Kankemenag Kota Batu dan Kepala Sekolah MAN Kota Batu Drs. Farhadi, M.Si.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu lulusan madrasah, khususnya kemampuan berpikir kritis yang di abad 21 ini wajib dimiliki oleh setiap peserta didik.

“Untuk soal level High Order Thinking Skill (HOTS)  atau yang biasa dikenal sebagai Kemampuan berpikir tingkat tinggi, bukan soal sulit tetapi soal yang mengarahkan kepada berpikir kritis dan inovatif. Penyusunan soal Ujian Madrasah nantinya diharapkan tetap dengan melakukan irisan materi dari Keputusan Menteri Agama (KMA) 165 dan KMA No. 183 Tahun 2019  tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah yang tetap bertujuan pada membumikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. ”Ujar Nurjanah selaku pemateri.

Nurjanah, S.Pd.I, MA  sendiri merupakan guru MAN Kota Batu yang juga menjadi tim perumus kisi-kisi soal ujian madrasah nasional mulai tahun 2019 dan pada tanggal 9 s.d 11 Februari 2021 kemarin mendapat undangan penyusunan kisi2 soal Ujian Madrasah  tahun 2021 dari Dirjen KSKK Kementerian Agama RI.

Kegiatan diseminasi penyusunan soal HOTS berlangsung di Gedung PTSP Man Kota Batu mulai 13.00-14.35 WIB. Setelah kegiatan diseminasi berlangsung, dilanjutkan dengan pemilihan pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Tafsir, Akidah Akhlaq, dan Bahasa Arab Kota Batu. Nama-nama pengurus diantaranya Achmad Fauzan, M.Pd.I (Ketua MGMP terpilih) dari MAN Kota Batu, Suprianto, S.Pd.I (Sekretaris) dari MA Ma'arif, dan Zur`atun Ni`mah, S.Ag, M.PdI (Bendahara) dari MA Bilingual.(ir.timredAksi)

 

Komentar

Alhamdulillah MAN Batu semakin maju

Makoba semakin maju

Alhamdulillah.....aku bangga jadi warga MAN KOTA BATU. Tambah barokah semuanya. Aamiin

MAN BATU selangkah lebih maju

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAN Kota Batu Upayakan Menjadi Mercusuar Sekolah Islam

       Selasa, 14 September 2021. MAN Kota Batu kian hari semakin menunjukkan eksistensinya kepada Masyarakat. Seperti pada hari ini MAN Kota Batu mengadakan vaksina

15/09/2021 08:44 WIB - PUSKOM MAKOBA
Dukung Program Pemerintah, MAN Kota Batu Menyelenggarakan Vaksinasi Massal

          Kota Batu - Selasa, 14 September 2021, MAN Kota Batu menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 secara massal. Tentunya program ini mendukung program pemeri

14/09/2021 11:26 WIB - PUSKOM MAKOBA
Mohon Do'a Restu Pembukaan Akreditasi Daring MAN Kota Batu

      Senin, 6/9/21, dilaksanakan kegiatan Akreditasi MAN Kota Batu oleh Badan Akreditasi Nasional. Pembukaan agenda rutin 5 tahunan ini dimulai pukul 08.00 dengan dihadi

06/09/2021 17:03 WIB - PUSKOM MAKOBA
PENYERAHAN PIAGAM AKREDITASI PERPUSTAKAAN MAN KOTA BATU

Rabu, 25 Agustus 2021, Tepat pukul 14.00 WIB Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, menyerahkan sertifikat hasil Akreditasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah 2020 kepada 8 lembaga pendidikan

27/08/2021 10:20 WIB - PUSKOM MAKOBA