• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

Diseminasi Penyusunan Soal HOTS Tingkat MA se-Kota Batu

Nurjanah, S.Pd.I, MA Memberikan Materi tentang penyusunan soal HOTS, Selasa siang (16/02)

Batu, 16 Februari (16/02) 2021 bertempat di gedung PTSP MAN Kota Batu diadakan kegiatan pertemuan MGMP PAI/Bahasa Arab MA Kota Batu. Dalam kesempatan itu, salah satu Guru MAN Kota Batu menyampaikan Diseminasi “Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) Untuk Persiapan Ujian Madrasah Tahun 2021”.

Diseminasi tersebut dihadiri oleh kurang lebih 18 guru PAI dan Bahasa Arab dari  MAN Kota Batu, MA Bilingual dan MA Ma`arif Kota Batu. Dalam kesempatan itu, hadir pula Bapak Rohmatulloh, S.Sos, MM selaku Kasi Pendma Kankemenag Kota Batu dan Kepala Sekolah MAN Kota Batu Drs. Farhadi, M.Si.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan mutu lulusan madrasah, khususnya kemampuan berpikir kritis yang di abad 21 ini wajib dimiliki oleh setiap peserta didik.

“Untuk soal level High Order Thinking Skill (HOTS)  atau yang biasa dikenal sebagai Kemampuan berpikir tingkat tinggi, bukan soal sulit tetapi soal yang mengarahkan kepada berpikir kritis dan inovatif. Penyusunan soal Ujian Madrasah nantinya diharapkan tetap dengan melakukan irisan materi dari Keputusan Menteri Agama (KMA) 165 dan KMA No. 183 Tahun 2019  tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah yang tetap bertujuan pada membumikan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. ”Ujar Nurjanah selaku pemateri.

Nurjanah, S.Pd.I, MA  sendiri merupakan guru MAN Kota Batu yang juga menjadi tim perumus kisi-kisi soal ujian madrasah nasional mulai tahun 2019 dan pada tanggal 9 s.d 11 Februari 2021 kemarin mendapat undangan penyusunan kisi2 soal Ujian Madrasah  tahun 2021 dari Dirjen KSKK Kementerian Agama RI.

Kegiatan diseminasi penyusunan soal HOTS berlangsung di Gedung PTSP Man Kota Batu mulai 13.00-14.35 WIB. Setelah kegiatan diseminasi berlangsung, dilanjutkan dengan pemilihan pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Tafsir, Akidah Akhlaq, dan Bahasa Arab Kota Batu. Nama-nama pengurus diantaranya Achmad Fauzan, M.Pd.I (Ketua MGMP terpilih) dari MAN Kota Batu, Suprianto, S.Pd.I (Sekretaris) dari MA Ma'arif, dan Zur`atun Ni`mah, S.Ag, M.PdI (Bendahara) dari MA Bilingual.(ir.timredAksi)

 

Komentar

Alhamdulillah MAN Batu semakin maju

Makoba semakin maju

Alhamdulillah.....aku bangga jadi warga MAN KOTA BATU. Tambah barokah semuanya. Aamiin

MAN BATU selangkah lebih maju

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAN KOTA BATU GELAR SAFARI LITERASI, "MENYAPA DUNIA DENGAN AKSARA"

Kota Batu, Minggu (28/3),  Madrasah literasi MAN Kota Batu kembali mengadakan kegiatan di tengah era pandemi. Untuk kali ini OSIS MAKOBA menginisiasi acara safari literasi dengan t

29/03/2021 11:58 WIB - PUSKOM MAKOBA
MAN Kota Batu Menggelar Talk Show “Lebih Dekat dengan Satuan Karya” Bersama Ambalan Patria Manggala

Batu, 18 Maret (18/03) 21 Ambalan Patria Manggala melaksanakan kegiatan yang pertama yaitu Talkshow Lebih Dekat Dengan Satuan Karya. Pada kegiatan ini Ambalan Patria Manggala mengundan

19/03/2021 13:40 WIB - PUSKOM MAKOBA
PUBLIKASI DIGITAL SEBAGAI WADAH LITERASI MADRASAH UNTUK MELAWAN HOAX

         Dewasa ini internet merambah dalam setiap bidang sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Interconnection-networking memiliki fasili

16/03/2021 10:54 WIB - PUSKOM MAKOBA
Siswa MAN Kota Batu Raih Juara 1 Smart Innovation of Writing Engineering Physics Week ITS

Alhamdulillah siswa MAN Kota Batu atas nama Anggi Wiyani Putri Hasna dan M. Alif Syahrur Ramadhan  berhasil meraih juara 1 pada ajang Karya Tulis Ilmiah Smart Innovation of Writin

08/03/2021 13:33 WIB - PUSKOM MAKOBA