• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

OSIS MAN Kota Batu Menyapa Dunia dengan Aksara Melalui Program Safari Literasi

Batu, 29 Juli (29/07) 2021 pukul 13.00 WIB dimulai kegiatan OSIS edisi bedah buku “Ruang Untukmu” dalam program Safari Literasi Menyapa Dunia dengan Aksara. Luar biasa sekali, kesekian kalinya jumlah peserta kegiatan ini mencapai ratusan dan dari berbagai kota secara online. Selain siswa MAN Kota Batu sendiri, diikuti pula para pegiat literasi dan komunitas-komunitas literasi se-Malang raya.

Rakha` selaku ketua OSIS menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan informasi kepada pembaca dan khalayak umum perihal isi buku serta memberikan nilai atau pesan yang ada dalam isi buku tersebut. Diharapkan dengan kegiatan ini pemahaman literasi dikalangan pemuda dan masyarakat umum akan makin luas.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari safari literasi yaitu dimulai dari seminar kepenulisan lalu penerbitan buku dan sekarang bedah buku hasil karya siswa-siswi MAN Kota Batu. Ada 3 judul yang dibedah yaitu Kehidupan itu keras karya Frenha Rama Alumni MAN Kota Batu, Aku Takut karya Rizka Maziyah kelas XII MIPA 3 dan Perihal Takdir karya Agustina Tresnawati kelas XII MIPA 3.

Dr. Nawawi, M.Fil.I selaku kepala Kemenag Kota Batu pada sambutannya menyampaikan bahwa MAN Kota Batu ini sudah luar biasa sekali dibidang literasi, yang lain masih sibuk mencari cara untuk menulis tetapi MAN Kota Batu sudah menghasilkan banyak karya. Bahkan prestasinya juga sudah sampai tingkat Internasional. Maka sepatutnya kita bangga dengan MAN Kota Batu yang berhasil membumikan literasi ditengah pendemi ini.

Agustina Tresnawati selaku penulis buku ruang untukmu yang berjudul “Perihal Takdir”  mengatakan bahwa anak-anak remaja yang peduli literasi disaat sekarang itu sedikit sekali, tidak semua anak remaja tertarik dengan literasi/membaca, apalagi dalam dunia pendidikan literasi ini juga mengambil andil penting terhadap pengetahuan dan keterampilan seseorang dalam menggunakan teknologi sebagai solusi dalam pendidikan yang dijalaninya, kita akan menghadapi bonus demografi, dan para remaja tidak bisa lagi bersantai-santai, mereka harus menambah skil dan wawasan dalam bidang apapun.

Selama kegiatan berlansung peserta sangat antusias menyimak ulasan buku. Secara umum buku tersebut tentang kehidupan penulis. Akan tetapi setiap penulis mengambil arti kehidupan dari lingkup perjalanan, harapan dan kebahagiaan dari sisi masing-masing. Ada yang menceritakan ayah, ibu, impian, ketakutan dan lain lain.

Adi Yusuf S selaku Host dalam kegiatan ini sangat menarik dalam menyampaikan berbagai ulasan isi buku tersebut. Beliau adalah pegiat literasi dan juga Founder Komunitas Teman Aksara yang sudah menghasilkan banyak karya. Pada akhir acara Adi Yusuf S memberikan pesan “Menulislah maka kau akan abadi” (Indah. redAksi)

Komentar

Selamat dan terus tingkatkan prestasi dan dedikasi Semoga barokah .

Alhamdulillah.... semangat literasi MAN KOTA BATU semakin menggelora. Kami tunggu karya berikutnya. Salam Literasi Makoba.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAN Kota Batu Upayakan Menjadi Mercusuar Sekolah Islam

       Selasa, 14 September 2021. MAN Kota Batu kian hari semakin menunjukkan eksistensinya kepada Masyarakat. Seperti pada hari ini MAN Kota Batu mengadakan vaksina

15/09/2021 08:44 WIB - PUSKOM MAKOBA
Dukung Program Pemerintah, MAN Kota Batu Menyelenggarakan Vaksinasi Massal

          Kota Batu - Selasa, 14 September 2021, MAN Kota Batu menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 secara massal. Tentunya program ini mendukung program pemeri

14/09/2021 11:26 WIB - PUSKOM MAKOBA
Mohon Do'a Restu Pembukaan Akreditasi Daring MAN Kota Batu

      Senin, 6/9/21, dilaksanakan kegiatan Akreditasi MAN Kota Batu oleh Badan Akreditasi Nasional. Pembukaan agenda rutin 5 tahunan ini dimulai pukul 08.00 dengan dihadi

06/09/2021 17:03 WIB - PUSKOM MAKOBA
PENYERAHAN PIAGAM AKREDITASI PERPUSTAKAAN MAN KOTA BATU

Rabu, 25 Agustus 2021, Tepat pukul 14.00 WIB Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, menyerahkan sertifikat hasil Akreditasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah 2020 kepada 8 lembaga pendidikan

27/08/2021 10:20 WIB - PUSKOM MAKOBA