• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

Pembinaan Kepegawaian dan Sosialisasi RDM Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidkan MAN Kota Batu

Batu, 27 September (27/09) 2021 kegiatan Pembinaan Kepegawaian dan Sosialisasi RDM Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidkan MAN Kota Batu dimulai tepat pukul 08.25 WIB bertempat di Aula yang dihadiri oleh Bapak Drs. M. Syamsuri, M.Pd selaku Kabid Pendma Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur dan Bapak Drs. H. Imam Turmudi, M, Ag selaku Kepala Kantor Kemenag Kota Batu. Dimulai secara hikmah dengan membaca surat Al-Fatihah dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan-sambutan dan pembukaan acara oleh Bapak Drs. H. Imam Turmudi, M.Ag.

Bapak Drs. Farhadi, M.Si selaku Kepala MAN Kota Batu dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembinaan ini diharapkan bisa diikuti dengan baik oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan dari awal sampai akhir dalam keadaan sehat wal afiat demi terwujudnya Madrasah menuju kelas dunia dengan transformasi digital yang sangat cepat saat ini. Dalam sambutan kedua, Bapak Drs. H. Imam Turmudi, M, Ag. selaku Kepala Kantor Kemenag Kota Batu menyampaikan bahwa para guru dan pegawai MAN Kota Batu hendaknya berpegang teguh pada 4 pilar kebangsaan disingkat “PBNU” yaitu Pancasila,  Bhineka Tunggal Eka,  NKRI dan UUD 1945. Saat ini yang menjadi program unggulan Kemenag adalah moderasi beragama. Moderasi berasal dari kata moderat yang dalam bahasa Arabnya yaitu tawassuth artinya tengah-tengah, yang berarti seimbang dalam sikap toleransi dengan ditandai Cinta tanah air, anti kekerasan, dan akomodatif dengan budaya lokal.

   

Dalam pembinaan yang disampaikan Bapak Drs. M. Syamsuri, M. Pd selaku Kabid Pendma Kanwil  Kemenag Provinsi Jawa Timur menjelaskan bahwa 3 pusat pendidikan agar dapat melahirkan generasi berkualitas yaitu pendidikan keluarga, pendidikan formal dan pendidikan masyarakat.  Pendidikan keluarga memiliki peran penting dalam pembentukan karakter anak. Karakter anak akan bagus jika hidup dalam keluarga yang harmonis serta memberikan keteladan bukan melulu mendidik dengan larangan dan perintah. Pendidikan formal yang berkualitas bukan hanya sarana dan prasarananya, tetapi SDM didalamnya juga harus unggul.  Pusat pendidikan yang terakhir yaitu pendidikan masyarakat, yang merupakan pendidikan non formal di lingkungan untuk membentuk anak agar lebih senang bersosialisasi dengan orang lain.

Menurut Bapak Drs. M. Syamsuri, M. Pd, guru saat ini merupakan guru merdeka, yaitu bagaimana mereka bisa mengajar dengan menyenangkan dengan suasana bahagia dan siswa merasa kangen ketika mereka tidak hadir.  Pesan beliau "jadilah guru yang ramah bukan pemarah, guru yang membina bukan membinasakan, guru yang mengajak bukan mengejek,  guru yang menasihati bukan menyakiti,  guru yang mengilhami bukan menghakimi,  guru yang menyatukan bukan memecahkan,  guru yang merangkul bukan memukul".

Dalam hal pengembangan IT di tahun 2019, Kementerian Agama mendukung penuh transformasi digital dengan memiliki slogan Madrasah Menuju Kelas Dunia. Pada masa pendemi, guru madrasah merupakan pihak yang paling kreatif dan semangat memanfaatkan IT dalam melakukan pembelajaran daring untuk para siswa. Hal ini mendukung 7 program prioritas kebijakan Kementerian Agama dalam kepemimpinan Bapak Yaqut Cholil Qoumas yaitu penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, Cyber Islamic University, kemandirian pesantren, toleransi 2022, dan religiosity index.

Melalui 7 program prioritas tersebut diharapkan Madrasah bisa cepat menyesuaikan dengan kemajuan digital dengan penguasaan teknologi yang lebih cepat, penguatan karakter siswa serta Bahasa. Tetapi semaju apapun IT, peran dan kehadiran guru dalam belajar tidak akan tergantikan sesuai dalam makalah pada kitab ta`lim muta`lim bahwa 6 syarat sukses menuntut ilmu yaitu cerdas, bersungguh-sungguh, sabar, biaya yang cukup, petunjuk guru dan lamanya waktu dalam belajar. Beliau juga menyampaikan bahwa tugas guru memberikan wawasan yang luas agar bisa saling menghormati dengan prinsip tawazun yaitu keseimbangan antara urusan dunia dan akhirat, tawasuth (tengah-tengah), tasawuh (toleransi), i`tidal (lurus, tegas, adil dan tanggung jawab) dan islah (bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat).

Kegiatan terakhir hari ini yaitu Sosialisasi RDM (Raport Digital Madrasah) yang disampaikan oleh Drs. Suliyat, M.Si tentang Penilaian dalam RDM dan M. Nazar Rosidi, S.Kom tentang Penggunaan Teknis RDM serta didampingi oleh Bapak Mohamad Fauzi, SE dari MTsN 2 Kota Malang. RDM merupakan pengembangan dari ARD (Aplikasi Raport Digital) dan secara resmi wajib digunakan oleh seluruh Madrasah di Indonesia sebagai laporan Raport Digital. Aplikasi ini dibuat semudah mungkin agar semua guru bisa menjalankan aplikasi RDM untuk menyajikan laporan hasil belajar siswa. (Indah & Crew redAksi)  

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Vaksinasi Massal Dosis ke-2, MAN Kota Batu menuju Angka 100% di Vaksin

Kota Batu -Selasa, 12 Oktober 2021, MAN Kota Batu kembali menyelenggarakan vaksinasi massal di lingkungan madrasah. Kegiatan ini adalah kelanjutan dari vaksinasi massal dosis pertama y

12/10/2021 11:21 WIB - PUSKOM MAKOBA
Webinar Public Speaking OSIS MAN Kota Batu Hadirkan Presenter JTV

Batu, 01 Oktober (01/10) 2021 Webinar Public Speaking yang diadakan OSIS MAN Kota Batu tepat dimulai pukul 15.00. Acara yang dipandu oleh kak Raihan Mujaayid ini dihadiri  kurang

02/10/2021 10:38 WIB - PUSKOM MAKOBA
Aan Dwi Arianto,Siswa MAN Kota Batu Juara 2 Running 10K Se-Jawa Timur

Aan Dwi Arianto, Juara 2 Running 10K Se-Jawa Timur Pandemi Covid-19 tidak lantas melunturkan semangat Aan Dwi Arianto untuk berprestasi di cabang olah raga atletik. Meski sempat vakum

02/10/2021 10:20 WIB - PUSKOM MAKOBA
Sosialisasi Madrasah Ramah Anak Oleh Tim Pendma Kanwil Kemenag JATIM

  Batu, 30 September (30/9) 2021- Kamis siang, MAN Kota Batu kedatangan tamu dari tim Bidang Pendidikan Madrasah  (Pendma) Kantor Wilayah Jawa Timur guna sosialisasi program M

30/09/2021 18:11 WIB - PUSKOM MAKOBA