• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

Gebyar Wisuda “Haflah Akhirussanah” MAN Kota Batu Tahun Pelajaran 2021-2022

Setelah 2 tahun pandemi Covid-19, MAN Kota Batu kembali menggelar Haflah Akhirussanah untuk kelulusan siswa siswi kelas XII tahun pelajaran 2021-2022. Acara yang digelar pada Kamis, 12 Mei 2022 di Gedung DOME Universitas Muhammadiyaah Malang ini dihadiri oleh wisudawan-wisudawati dengan didampingi oleh wali siswa. Selain itu, Bapak Tri Nugraha Basuki,S.Sos. selaku Kasi Pendma Kankemenag Kota Batu hadir bersama Kepala MTsN Kota Batu, Kepala MTs Hasyim Asyari, MA Bilinggual Batu, MA Ma'arif Batu serta Pengawas Madrasah Kota Batu, untuk mengucapkan selamat atas kelulusan siswa-siswi kelas XII MAN Kota Batu.

Pada pukul 07.30 WIB acara Haflah Akhirussanah dimulai dengan semua dewan guru beserta para wisudawan-wisudati memasuki gedung DOME untuk mengikuti rangkaian kegiatan Wisuda. Selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars MAN Kota Batu yang diikuti oleh seluruh peserta Wisuda dengan hikmad. Dalam kegiatan pra acara ini juga menampilkan Tari Saman sebagai ucapan selamat datang oleh perwakilan siswa kelas X.

Kegiatan inti diawali membaca fathul qur`an surat Al-Faatihah dengan harapan acara hari ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Berikutnya pembacaan ayat suci Al-Qur`an oleh Elma Suci Andriati dan penerjemah oleh Meiza Faiqoh Rofula. Acara ke-3 yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Bapak Drs. Farhadi, M.Si selaku Kepala MAN kota Batu. Beliau menyampaikan bahwa tak terasa sudah 3 tahun bapak ibu wali siswa menitipkan putra putrinya. Hari ini adalah acara puncak wisuda dan Alhamdulillah sejumlah 354 siswa lulus 100%.  Pencapaian ini tidak mudah karena membutuhkan pengorbanan bapak ibu guru berupa waktu, pikiran dan tenaga dalam membimbing putra-putri bapak ibu semua.

Bapak Drs. Farhadi, MS.i  dalam sambutannya juga menyampaikan prestasi MAN kota Batu baik dalam bidang akademis maupun non akademis. Siswa yg diterima di perguruan tinggi negeri melalui beberapa jalur seperti SNMPTN, SPAN PTKIN  sebanyak 49 siswa. Hal ini mengalami kenaikan dari tahun kemarin yaitu 9 siswa dan untuk jalur SBMPTN baru akan dimulai pada tanggal 17 Mei 2022. Pada tahun ini MAN Kota Batu memasuki TOP 1000 Se-Indonesia dan peringkat 8 se-Jawa Timur dari berbagai sekolah Negeri dan Swasta. Hasil UTBK tahun kemarin berhasil meraih nilai sempurna 1000 pada mata pelajaran sejarah. Banyak Prestasi non akademis yang diperoleh yaitu salah satunya Juara 1 lari 5000 meter pada  porseni Jawa Timur. Juga dalam bidang tahfidz, KIR dan masih banyak lagi yang belum kami sebutkan satu persatu.

Pada kesempatan ini bapak kepala madrasah juga menginformasikan bahwa UTBK kali ini menggunakan sistem IRT (Item Response Theory).  IRT merupakan sistem penilaian yang mengutamakan pada karakteristik soal. Semakin banyak soal sulit yang berhasil dijawab siswa, maka skor yang diperoleh juga semakin tinggi. Sehingga, sistem penilaian ini tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang berhasil dijawab dengan benar atau salah, tetapi juga mempertimbangkan tingkat kesulitan suatu soal.

Pada akhir sambuatannya beliau mewakili bapak ibu guru mohon maaf sebanyak-banyaknya jika ada tutur kata dan tingkah laku yang menyakiti. Pesan Beliau “Jangan hanya puas dengan apa yang didapat di MAN  Karena tantangan ke depan akan lebih besar dan kelak kalian akan menjadi pemimpin yang handal. Untuk anak-anakku silahkan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Lanjutkan prestasimu! Jaga nama baik MAN Kota Batu! Jangan kau nodai dengan perilaku yang tidak baik dan semoga kalian menjadi pemimpin bangsa yang baik di masa depan”.

Sambutan berikutnya oleh Bapak M. Muhid, S.Pd., M.M. selaku Ketua Komite MAN kota Batu. Beliau menyampaikan selamat kepada MAN Kota Batu yang sudah meluluskan siswa-siswinya 100%. Dilanjutkan sambutan oleh Bapak Drs. Imam Turmudzi, M.Ag selaku kepala Kementerian Agama Kota Batu secara virtual karena beliau tugas di luar kota. Beliau menyampaikan selamat dan sukses untuk seluruh keluarga besar MAN kota batu yang sudah mengantar siswa-siswa pada kelulusan dengan berbagai prestasi yang diperoleh. Harapan beliau semoga ilmu yang diperoleh anak-anak bermanfaat bagi bangsa, negara dan agama.

Acara berikutnya yaitu pembacaan surat keputusan kelulusan siswa oleh Bapak Yusna Affandi, M.Pd. selaku Waka Kurikulum MAN Kota Batu. Kemudian prosesi pengalungan gordon secara simbolis oleh Bapak Kepala MAN Kota Batu kepada perwakilan kelas yang ditugaskan. Prosesi wisuda ini diawali dengan XII Agama dan dilanjutkan XII Bahasa, XII IPS 1, XII IPS 2, XII IPS 3, X IPS 4, XII MIPA 1, XII MIPA 2, XII MIPA 3, XII MIPA 4, serta diakhiri oleh kelas XII MIPA 5.

Selanjutnya adalah pemberian hadiah kepada siswa-siswi berprestasi baik akademis maupun Non Akademis. Hadiah untuk siswa-siswi berprestasi akademik diberikan kepada tiga siswa terbaik dari masing-masing jurusan. Sedangkan hadiah siswa berprestasi non-akademik diberikan kepada Aan Dwi Ardiansyah Juara 1 Lomba Lari 5000m pada PORSENI Jawa Timur 2022, Aminah Rahma Sari, Siswi yang banyak mengukir prestasi di bidang al-Qur`an, dan Rizqy Dwi Pramithasari atas prestasinya dalam ajang Karya Ilmiah Remaja.

Sambutan perwakilan kelas XII yang disampaikan oleh M. Rakha Alfahearl. Dalam sambutannya, Rakha menyampaikan terimakasih atas jasa bapak-ibu guru mendidik mereka selama 3 tahun. Begitu banyak kisah telah dilalui bersama yang kelak pasti akan mereka rindukan. Kepada teman-teman kelas XII, dia berpesan agar tetap semangat karena perjuangan belum berakhir. Dia berharap semoga MAN Kota Batu semakin unggul dan berkualitas. Tak lupa dia juga berpesan untuk adik-adik kelas X dan XI. “Teruslah berjuang untuk mengukir prestasi, karena prestasi MAN Kota Batu ada  di tangan kalian,” tuturnya.

Acara selanjutnya sambutan wali siswa kelas 12 yang diwakili oleh wali dari Jill Amin Jadid kelas XII IPA 1. Dalam sambutannya beliau memohon keridhoan bapak ibu guru agar ilmu yang didapatkan anak-anak bisa bermanfaat. Tak lupa beliau juga mengucapkan terimakasih atas pengorbanan bapak ibu guru dalam mendidik anak-anak. Semoga dicatat menjadi amal ibadah oleh Allah Swt.

Pada akhir acara, siswa kelas XII yang diwakili oleh Nezar, Raihan Mujayyid, Rizka Maziya Adhim, Salwa Awalia, dan kawan-kawan memberikan persembahan berupa musikalisasi puisi. Dalam persembahan tersebut, mereka menampilkan puisi dan menyanyikan lagu sebagai ungkapan kebahagiaan dan keharuan mereka di hari yang membahagikan ini. Acara ini ditutup dengan do`a dan foto bersama setiap kelas beserta bapak ibu guru semua. (tim redAksi)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Safari Ramadhan MAN Kota Batu Tahun 2022

MAN Kota Batu tahun ini kembali menggelar kegiatan Safari Ramadhan. Tahun ini kegiatan tersebut dilaksanakan dalam serangkaian kegiatan yang dimulai pada tanggal 19 April sampai dengan

23/04/2022 11:42 WIB - PUSKOM MAKOBA
Pelantikan Dewan Ambalan dan Serah Terima Jabatan Masa Bakti Tahun 2021-2022 Gugus Depan MAN Kota Batu

Batu, 9 April 2022 merupakan hari bersejarah untuk gugus depan MAN Kota Batu Ambalan Pangeran Antasari dan Malahayati. Pada hari itu, pengurus dan para anggota Dewan Ambalan dilantik ol

11/04/2022 07:16 WIB - PUSKOM MAKOBA
MAN Kota Batu Menyambut Momentum Ramadhan Melalui Pondok Ramadhan 1443 H

MAN Kota Batu menggelar serangkaian  kegiatan pondok Ramadhan yang berlangsung selama 3 hari yakni mulai tanggal 4–6 April 2022. Kegiatan ini mengusung tema Ramadhan Menguatk

07/04/2022 10:39 WIB - PUSKOM MAKOBA
MAN Kota Batu Sambut Mahasiswa KKL IAIN Pekalongan dengan Hangat

Batu – Rabu pagi, 30 Maret 2022, MAN Kota Batu Menyambut kembali tamu dari Mahasiswa IAIN Pekalongan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Tadris Matematika. Kegiatan ini dibuka

30/03/2022 13:53 WIB - PUSKOM MAKOBA