• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI TENGAH PANDEMI COVID 19

Tidak dapat dipungkiri kegiatan-kegiatan pendidikan mengalami perubahan signifikan di tahun 2020 ini. Pandemi COVID 19 yang melanda dunia sejak enam bulan yang lalu, sedikit banyak memaksa berbagai sektor kehidupan menyesuaikan dan berupaya untuk tetap berjalan. Tak terkecuali penerimaan peserta didik baru di sekolah yang biasanya dilakukan secara online dan seleksi yang dilakukan secara offline, sepenuhnya dilakukan secara online.

Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu, sebagai satu-satunya madrasah aliyah negeri di Kota Batu dan yang terdampak juga telah melaksanakan penerimaan peserta didik baru secara online. Pada tahun 2020 ini MAN Kota Batu membuka dua jalur penerimaan peserta didik baru, yaitu jalur prestasi dan jalur reguler.

Pendaftaran jalur prestasi telah dilaksanakan pada tanggal 2 – 13 Maret 2020. Sedangkan jalur reguler telah dilaksanakan pada tanggal 6- 12 Mei 2020. Sebanyak kurang lebih 700 pendaftar telah mengikuti seleksi pada dua jalur tersebut untuk menempati pagu peserta didik baru sebanyak 360 orang.

Menurut Ketua Panitia PPDB MAN Kota Batu, Ibu Ana Rahmawati, S.Pd, pada penerimaan peserta didik baru jalur prestasi, seleksi dilaksanakan berdasarkan nilai rapor dengan rata-rata minimal 82, prestasi calon peserta didik baru yang dibuktikan dengan bukti sertifikat tingkat kota, provinsi, atau nasional, dan tes akademik. Tes akademik jalur prestasi terdiri dari tes psikologi dan tes pengetahuan akademik.

Lanjutnya, tes psikologi diselenggarakan di MAN Kota Batu yang bekerjasama dengan lembaga analisa psikologi dari UIN Malang. Sedangkan untuk tes pengetahuan akademik diselenggarakan secara online di MAN Kota Batu yang mana peserta didik menggunakan gawai masing-masing dalam mengerjakan tes (paperless).

Lain halnya dengan penerimaan peserta didik baru jalur reguler. Ditengah situasi Pandemik yang berjalan, penyelenggaraan telah dilaksanakan sepenuhnya secara online. Pendaftaran secara online dengan tetap mempertimbangkan pengumpulan berkas yang diperlukan untuk verifikasi data.

Untuk menghindari potensi berkumpulnya massa, maka pengumpulan berkas dilakukan melalui jasa pengiriman. Penerimaan peserta didik baru jalur reguler menyelenggarakan seleksi melalui nilai rapor, tes akademik. Tes akademik dilakukan oleh calon peserta didik di tempat kediaman masing-masing dengan waktu mengerjakan yang telah ditentukan.

Hasil penerimaan peserta didik baru kedua jalur seleksi diumumkan melalui website MAN Kota Batu. Jalur prestasi telah diumumkan pada tanggal 18 Maret 2020 dan jalur reguler pada tanggal 19 Mei 2020. Penerimaan peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu telah merujuk pada regulasi-regulasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama Republik Indonesia yang tertuang dalam 1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; 2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan; 3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 3 Tahun 2017, tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan;  dan 4. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 631 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Aliyah.

Pelaksana Tugas Kepala MAN Kota Batu Ibu Dra. Khalimatus Sadiyah, M.Pd berharap proses penerimaan peserta didik baru di tengah Pandemik COVID 19 tersebut benar-benar menunjukkan kualitas calon peserta didik baru MAN Kota Batu sehingga mampu bersama-sama meningkatkan kualitas Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu. (yus)

Mr. Yusna Affandi

*Foto diambil saat jalur prestasi (sebelum covid 19).

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAN Kota Batu Upayakan Menjadi Mercusuar Sekolah Islam

       Selasa, 14 September 2021. MAN Kota Batu kian hari semakin menunjukkan eksistensinya kepada Masyarakat. Seperti pada hari ini MAN Kota Batu mengadakan vaksina

15/09/2021 08:44 WIB - PUSKOM MAKOBA
Dukung Program Pemerintah, MAN Kota Batu Menyelenggarakan Vaksinasi Massal

          Kota Batu - Selasa, 14 September 2021, MAN Kota Batu menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 secara massal. Tentunya program ini mendukung program pemeri

14/09/2021 11:26 WIB - PUSKOM MAKOBA
Mohon Do'a Restu Pembukaan Akreditasi Daring MAN Kota Batu

      Senin, 6/9/21, dilaksanakan kegiatan Akreditasi MAN Kota Batu oleh Badan Akreditasi Nasional. Pembukaan agenda rutin 5 tahunan ini dimulai pukul 08.00 dengan dihadi

06/09/2021 17:03 WIB - PUSKOM MAKOBA
PENYERAHAN PIAGAM AKREDITASI PERPUSTAKAAN MAN KOTA BATU

Rabu, 25 Agustus 2021, Tepat pukul 14.00 WIB Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko, menyerahkan sertifikat hasil Akreditasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah 2020 kepada 8 lembaga pendidikan

27/08/2021 10:20 WIB - PUSKOM MAKOBA