BEST CHOICE 4 BETTER FUTURE

TAMAN BACA MAN KOTA BATU

Oleh: Rochani Ningsih, S. Pd
Guru Ekonomi MAN Kota Batu

                Gerakan literasi dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Beragam bentuk kegiatan dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat baca generasi muda. Salah satu kegiatan yang dilakukan MAN Kota Batu adalah dengan mengadakan TAMAN BACA MAN Kota Batu. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Minggu Tanggal 3 juni 2018.

                Minggu berkah dengan membaca, itulah tujuan kami pegiat literasi MAN Kota Batu. Membiasakan budaya membaca sejak dini menjadi target kegiatan ini. Diawali dari hal-hal yang  kecil, kami mencoba untuk hadir ke tengah-tengah masyarakat dengan menggelar TAMAN BACA MAN Kota Batu di alun-alun kota Batu. Tempat tersebut sengaja kami pilih karena di situlah masyarakat terutama anak-anak menghabiskan waktu untuk bersantai dan bermain sambil mencari ilmu. Tholabul ilmi bisa dilakukan di mana saja.

                Kegiatan yang berlabel “Membumikan Literasi dengan TAMAN BACA MAN KOTA BATU”   dilaksanakan di dekat parking are, dengan harapan banyak pengunjung yang akan melirik kegiatan ini. Sehingga bisa menarik perhatian para pengunjung, terutama anak-anak yang bermain  di taman alun-alun, serta masyarakat yang duduk-duduk sambil menunggu putra-putri mereka bermain. Mereka bisa melewatkan waktu dengan membaca buku-buku yang disediakan di TAMAN BACA tersebut. Yang lebih mengesankan lagi, bagi anak-anak yang membaca, akan memperoleh stiker literasi secara gratis dari pihak penyelenggara.

                Dengan berbekal tikar, sound ala kadarnya serta kurang lebih 375 unit buku, pihak penyelenggara mulai menggelar kegiatan pada pukul 07.30 WIB.  Buku-buku tersebut dikumpulkan dari beberapa sukarelawan pegiat literasi MAN Kota Batu. Sambil membaca para pengunjung dapat mendengarkan lagu-lagu islami penyejuk hati yang diputar oleh penyelenggara.

                Pihak penyelenggara yang terdiri dari Guru-guru MAN Kota Batu serta beberapa siswa MAN Kota Batu membuat acara selingan berupa yel-yel literasi untuk lebih menarik pengunjung. Tidak kurang dari 80 orang pengunjung terutama anak-anak sekolah yang telah berkenan untuk membaca di TAMAN BACA tersebut. Kegiatan ini kami akhiri pada pukul 10.00 WIB. Walaupun berlangsung kurang lebih 2 jam, kami berharap kegiatan yang diagendakan untuk dilaksanakan minimal dua kali dalam satu bulan, akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar terutama yang berkunjung di alun-alun Kota Batu.

                Harapan kami ini ternyata juga mendapat respon positif dari para pengunjung. Indikasi ini terlihat dari kesan pesan yang dituliskan oleh pembaca dalam buku tamu yang disediakan. Mereka memberi appresiasi yang mendalam terhadap adanya kegiatan seperti ini. Kata-kata “Keren, luar biasa, amazing, jangan Cuma sekali ya”, dan masih banyak lagi kata-kata motivasi lainnya yang membuat kami semakin merasa ketagihan untuk melakukan kegiatan lanjutan. Mohon do’a dan dukungannya.

      

Gambar: Masyarakat yang berkunjung dan membaca di TAMAN BACA MAN Kota Batu

Gambar: Siswa-siswi MAN Kota Batu menyanyikan yel-yel literasi

Gambar: Guru-guru Pegiat literasi beserta  Kepala MAN Kota Batu