LITERASI BUDAYA DI
TAMAN BACA MAN KOTA BATU EPISODE 2
Oleh: Rochani Ningsih, S.Pd
Guru Ekonomi MAN Kota Batu


Karawitan MAN Kota Batu sebagai bentuk literasi budaya

Minggu, 29 Juli 2018 MAN Kota Batu hadir kembali di tengah-tengah masyarakat Kota Batu dalam kegiatan yang bertajuk "TAMAN BACA MAN KOTA BATU " episode 2. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan literasi baca yang telah kami lakukan pada tanggal 3 Juni 2018.  Berlokasi di sebelah barat Alun-alun kota Batu tepatnya parking area kegiatan mulai digelar pada pukul 08.00 WIB
Taman Baca MAN Kota Batu episode 2 sedikit berbeda dengan Taman Baca MAN Kota Batu yang digelar pertama kali. Kegiatan pertama yang digelar pada bulan juni  hanya memiliki satu stand, untuk kegiatan yang kedua kalinya ini terdiri dari 3 stand yaitu stand literasi budaya, stand literasi baca dan stand mewarna. Tim Literasi MAN Kota Batu berkolaborasi dengan tim karawitan MAN Kota Batu  untuk tampil memainkan gamelan dan perkusi sebagai bentuk literasi budaya.
Grup karawitan MAN Kota Batu pimpinan Bapak Bambang menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung.  Kurang lebih 20 personel group karawitan MAN Kota Batu ikut mendukung acara tersebut dengan memainkan alunan musik lagu-lagu daerah seperti Rek ayo rek, Prau Layar, dan Lir ilir secara kompak. Dengan demikian kegiatan taman baca kali ini tidak hanya mengusung tema literasi baca tetapi juga literasi budaya.
Sambutan masyarakat terhadap kegiatan Taman Baca Kota Batu episode 2 begitu besar. Hal tersebut terlihat dari antusias masyarakat yang mendatangi stand taman baca. Kurang lebih 200 pengunjung mendatangi stand taman baca. Tidak kalah dengan stand baca, stand mewarna yang berada di sebelah kiri stand baca juga menjadi daya tarik masyarakat yang berkunjung. Stand mewarna lukisan di kain kanvas yang dibimbing oleh Endah, S.Pd sebagai guru SBK MAN Kota Batu  menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung terutama anak-anak .

Anak-anak antusias mewarna di kain kanvas dengan bimbingan Bu Endah
Panasnya sinar matahari tidak menyurutkan semangat Tim literasi MAN Kota Batu untuk terus berkreasi, mengembangkan kegiatan literasi. Tujuan utama kegiatan taman baca ini diselenggarakan adalah untuk membumikan literasi terutama di lingkungan masyarakat Kota Batu. Kegigihan dan kerja keras dari tim literasi membuahkan hasil yang luar biasa, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh warga madrasah tetapi juga dirasakan oleh masyarakat batu yang berkunjung ke Alun-alun Kota Batu.
Dukungan dan sambutan masyarakat terlihat jelas dari daftar hadir yang disediakan oleh tim literasi MAN Kota batu. Komentar-komentar positif  yang mereka berikan merupakan wujud apresiasi terhadap kegiatan Taman Baca MAN Kota Batu episode 2. Tidak sedikit diantara mereka yang mengharapkan kegiatan tersebut diadakan secara rutin, bahkan ada pengunjung yang bersedia mendonasikan bukunya untuk mendukung kegiatan tersebut.
Kegiatan yang berlangsung selama 2 jam tersebut diakhiri pada pukul 10.00 WIB. Kegiatan tersebut tidak akan terlaksana tanpa dukungan semua pihak terutama H. Sudirman, S.Pd, MM sebagai pengambil kebijakan di MAN Kota Batu. Kehadiran Bapak Sudirman pada kegiatan Taman Baca MAN Kota Batu episode 2 merupakan wujud nyata dukungan Beliau terhadap kegiatan literasi. Terimakasih kepada Tim literasi MAN Kota Batu, grup karawitan, serta semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut. Mudah-mudahan kegiatan Taman Baca Kota Batu menjadi awal berkembangnya Kota Batu sebagai kota literasi budaya dan kota yang berbudaya literasi.

Bapak Kepala Madrasah bersama kru pendukung kegiatan Taman Baca