REPORTASE  TAMAN BACA KE 3

Minggu, 7 Oktober 2018

Bertempat di Alun-alun kota Batu

Waktu: Pk. 8.00 s.d 10.00

By. Nurjanah, S.PdI, MA

 

                Pembukaan taman baca ke 3 dibuka oleh Waka Kesiswaan bapak Al-Ajis, M.Pd dengan mengambil tema "Membumikan Literasi Peduli Palu Donggala". Tema kali ini berbeda dengan sebelumnya dimana selain taman baca kita juga turut prihatin atas musibah yang menimpa saudara-saudara kita yang ada di Palu Donggala, semoga apa yang sudah kita berikan baik material maupun spiritual menjadi amal ibadah kita kelak di akhirat kelak. Untuk saudara-saudara kita yang ada di Palu Donggala Sulawesi Tengah semoga bisa sabar dan tabah bahwa kekuasaan hanya milik Allah SWT semata. Musibah bencana alam yang menimpa korban kita jadikan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita serta bermuhasabah.

            Pada taman baca ke 3 kali ini kita juga ada even literasi budaya di mana siswa/i MAN Batu kelas XII dari semua jurusan menampilkan musik karawitan dipadu dengan perkusi melantunkan tembang-tembang yang sangat spektakuler. Dengan piawainya siswa/i ini memukul alat gamelan sangat antusias. Selain ada penilaian dari praktek mata pelajaran seni budaya yang dibina bapak Bambang Hermanto, S.Sn dan ibu Endah Srimulyani, S.Pd juga untuk menarik para pengunjung alun-alun kota Batu yang datang dari dari berbagai daerah. Jadi selain berwisata juga untuk mengajak putra-putrinya untuk membaca yang diadakan oleh tim literasi MAN kota Batu.

            Selain musik karawitan yang dipadu dengan musuk perkusi ada yang mewarna dan melukis dengan media kain kanvas yang dibingkai seperti tempat bolpoint atau alat tulis lainnya. Diantara banyaknya pengunjung ada yang sudah hadir dari pengawas Kankemenag kota Batu ibu Djamilatus Sakdijah, S.Pd. Ada juga ibu Siti Jamilah selaku salah satu staf kepegawaian Kankemenag kota Batu, beliau sangat mengapresiasikan literasi MAN Kota Batu.

            Acara taman baca ke 3 ini berbeda dengan sebelumnya, karena pada acara kali ini mengetengahkan berbagai literasi yaitu literasi budaya, mewarna, melukis. Pengunjung sangat senang dan terkesima dengan acara ini. Selain untuk belajar dan mengasah putra-putrinya dengan budaya baca juga melihat persembahan siswa/i menambah semaraknya taman baca ke 3 MAN Kota Batu.

            Salah satu pengunjung taman baca kali ini ada yang dari Kuta, Bali beliau mengatakan sangat luar biasa buat anak-anak belajar, jadi selain berwisata ke alun-alun kota Batu juga bisa menyaksikan hiburan yang luar biasa kata Pak Ayatullah. Pengunjung rela berpanas-panasan untuk membaca, mendampingi anak-anaknya mewarna maupun untuk melukis serta menyaksikan perkusi dari siswa/i. Bagi putra-putri pengunjung yang sudah mewarnai kertasnya yang sudah disediakan oleh oleh tim literasi maupun yang sudah membaca buku ada kenang-kenanganberupa souvenir gantungan kunci dan sticker Gelis (Gerakan Literasi ) MAN Kota Batu. Banyak komentar dari para pengunjung diantaranya ada yang mengatakan sangat salut, sangat terinspirasi.

            Semoga acara literasi MAN Kota Batu terus maju menjadi madrasah hebat bermartabat berubah. Salam Literasi