BEST CHOICE 4 BETTER FUTURE

REPORTASE TEMU KOMITE DENGAN ORANG TUA PESERTA DIDIK MAN KOTA BATU

Oleh: Khalimatus Sakdiyah (Waka Humas MAKOBA)

                Komite adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu Pendidikan, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan Pendidikan pada satuan Pendidikan. Dalam memainkan perannya sebagai ‘supporting agency’, komite MAN Kota Batu mengadakan temu akrab dengan orang tua peserta didik. Temu akrab tersebut dihadiri oleh orang tua peserta didik kelas X,XI, dan XII dari semua jurusan (Bahasa, Agama,IPA, dan IPS). Kehadiran mereka dalam memenuhi undangan komite itu merupakan bukti nyata betapa besar perhatian mereka terhadap Pendidikan putra-putri mereka.

               

Kegiatan temu akrab orang tua peserta didik dengan komite ini dilaksanakan tanggal 26 April 2018 di Aula MAN Kota Batu. Acara yang berlangsung selama kurang lebih 2,5 jam itu bertujuan untuk memberikan masukan, pertimbangan, dan rekomendasi kepada satuan Pendidikan terhadap hal-hal yang terkait dengan Pendidikan di MAN Kota Batu. 

                Dalam sambutannya, bapak kepala Madrasah H. Sudirman, S.Pd., M.M menyampaikan bahwa semua kegiatan Pendidikan untuk kelas XII, telah dilaksanakan secara keseluruhan mulai semester 1 hingga semester 6. Sedangkan pengumuman kelulusan insyaallah akan diumumkan secara online melalui websitenya Madrasah. Ekspektasi dari rencana ini agar tidak terjadi kebiasaan negatif dalam merayakan kelulusan siswa. Tidak boleh ada konvoi arak-arakan siswa di jalan raya, corat-coret seragam sekolah, apalagi pesta-pesta yang tidak jelas arahnya, hanya untuk meluapkan kegembiraan mereka dalam kelulusannya. Oleh karena itu kewaspadaan orang tua dalam mengawasi putra-putrinya mutlak diperlukan pada saat tersebut.

                Pada saat itu juga bapak kepala Madrasah mengucapkan selamat kepada 23 orang tua siswa yang putra-putrinya diterima di jalur SNMPTN, dan 1 siswa yang diterima di POLTEKES melalui jalur undangan. Tentu saja keberhasilan para siswa ini tidak bisa lepas dari peran aktif orang tua mereka. Sekolah sebagai Lembaga Pendidikan, mengantarkan siswa-siswi untuk menuntaskan semua program pembelajaran sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, dan berharap semua siswa-siswi dapat melanjutkan edukasinya ke Lembaga Pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Bapak kepala Madrasah menyampaikan keinginan siswa-siswi kelas XII untuk melaksanakan haflah akhirussanah atau wisuda. Walaupun sebelumnya, orang tua siswa sudah mendapatkan edaran persetujuan mengadakan kegiatan haflah akhirussanah, namun dalam forum ini diharapkan orang tua siswa dapat memberikan masukan sekiranya acara tersebut bisa dilaksanakan atau tidak di Madrasah ini. Atas dasar persetuan orang tua siswa kegiatan tersebut dapat dilaksanakan. Adapun untuk orang tua siswa kelas X dan XI, bapak kepala Madrasah berpesan agar kegembiraan orang tua terbukti saat penerimaan Rapor Kenaikan pada tanggal 9 Juni 2018 nanti, maka orang tua harus mengkondisikan putra-putrinya dalam persiapan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

               

Seiring dengan sambutan bapak kepala Madrasah, bapak ketua komite, Zainullah Anwar, M.Si menyampaikan bahwa komite sebagai partner kerja Madrasah sekaligus sebagai jembatan komunikasi orang tua dengan Madrasah, ikut bertanggung jawab atas keberhasilan siswa baik keberhasilan dunia maupun keberhasilan akhirat. Forum komunikasi seperti inilah yang harus selalu kita bina untuk ikut berperan aktif dalam meningkatkan kualitas Madrasah. Atas nama komite dengan semua anggotanya, bapak Zainullah mengucapkan ‘selamat dan sukses’ untuk MAN Kota Batu yang insyaallah semakin hari semakin tampak peningkatan prestasinya. Baik prestasi akademis maupun non akademis.

                “Anak adalah investasi masa depan kita yang sesungguhnya” demikian disampaikan oleh bapak ketua komite MAN Kota Batu. Setiap orang tua pasti mengharapkan semua putra-putrinya akan menjadi orang-orang yang sukses bukan hanya dunianya, namun juga akhiratnya. Oleh karena itu perlu kita persiapkan segala sesuatunya baik secara lahiriyah maupun bathiniyah. Kita dukung semua program yang sudah direncanakan Madrasah agar semua program dapat terlaksana sesuai yang direncanakan. Madrasah jaya, anak bangga, dan orang tua juga akan bahagia.

                Sambutan pak Zainullah dilengkapi oleh bapak Sudarmaji anggota komite MAN Kota Batu. Seorang polisi yang berpangkat AIPTU dengan jabatan PS KANIT BINPOLMAS Sat Bimmas POLRES Batu ini juga menyampaikan salam silaturrahim kepada semua orang tua yang sudah hadir dalam forum tersebut. Sambil mengingat masa lalunya, bapak Sudarmaji membagikan cerita perjalanan karir beliau sampai menjadi polisi. Sorak sorai memecah keheningan ruang aula saat bapak Sudarmaji menyampikan bahwa beliau juga alumnus SMA Wahid Hasyim Tebu Ireng Jombang. Indikasi ini menunjukkan bahwa image masyarakat yang selama ini mengira bahwa lulusan sekolah yang bernafas Islam tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi lain kecuali jurusan agama itu terbukti ketidakbenarannya.

                Selanjutnya bapak Sudarmaji menambahkan dalam sambutannya, bahwa ada 3 modal utama untuk menggapai kesuksesan yaitu; kejujuran, keterbukaan, dan kekeluargaan. Selama kita masih belum bisa berlaku jujur dalam semua lini kehidupan ini, jangan harap kita bisa sukses. Kejujuran yang harus ditanamkan kepada peserta didik ini bukan hanya saat ulangan atau ujian saja. Jujur dalam berucap, jujur dalam bertindak, dan jujur dalam bersikap. Kalau kita sudah bisa menerapkan sifat jujur ini, secara otomatis kita akan lebih terbuka. Kita harus belajar terbuka untuk menerima saran dan kritik. Dari saran dan kritik itulah seseorang akan terpacu untuk membenahi diri untuk selalu lebih baik dari sebelumnya. Bila sifat jujur dan terbuka sudah melekat pada diri kita, akan terwujudlah rasa kekeluargaan yang tinggi.

                Lain dari pada itu, bapak Sudarmaji memberikan peringatan kepada semua warga kota Batu lewat orang tua siswa, bahwa aka nada ‘OPERASI PATUH’ mulai tanggal 26 April sampai dengan tanggal 9 Mei 2018. Tujuan operasi ini adalah untuk mengkondisikan masyarakat dalam menyongsong datangnya bulan suci Ramadhan. Dalam pada itu kita selaku orang tua, wajib membentengi putra-putri kita semuanya dengan ajaran agama, agar generasi ini terhindar dari bahaya pengguna NARKOBA dan MIRAS yang akan menghancurkan generasi mendatang.

                Dalam mengakhiri sambutannya, bapak polosi ini mengingatkan orang tua untuk bertanya kepada diri sendiri tentang kontribusi apa yang bisa diberikan kepada Madrasah yang sudah menanamkan karakter dan mengukir mind set anak-anak kita dengan pelajaran agama untuk menyongsong masa depan mereka yang ceria.

                Temu akrab orang tua siswa dengan komite Madrasah ini diakhiri dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh salah satu orang tua siswa. Ustadz Ambari dengan hikmat mengajak para hadirin untuk berdo’a Bersama. Dengan mengutip kalimat dari Sahabat ALI BIN ABI THALIB R.A, pemandu acara tersebut menyampaikan “Bila engkau meras letih karena berbuat kebaikan, sesungguhnya keletihan itu akan sirna dan kebaikan yang telah dilakukan akan kekal abadi”. Semoga kalimat ini dapat menghapus keletihan kita dan kebaikan kita akan terbayarkan di surge Allah SWT nanti. Aamiiin