WORKSHOP PENYUSUNAN SOAL HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS)

DALAM ASSESSMENT BELAJAR DAN EVALUASI DIRI MADRASAH

MAN KOTA BATU

 

Oleh: Dra. Khalimatus Sa’diyah, M.Pd

(Waka Humas MAN Kota Batu)

 

                Dinginnya Kota Batu di pagi hari ini (Kamis, 12 Juli 2018) sangat terasa sekali. Lantunan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Hymne Madrasah, dan Mars Madrasah yang dipimpin oleh ibu Yosefa Paula Pada, S.Pd, mampu mengusik rasa dingin yang menyelimuti ruang Multimedia MAN Kota Batu – tempat Workshop Penyusunan Soal HOTS Dalam Assessement Belajar dan Evaluasi Diri Madrasah.

 

                “Kemampuan berfikir kritis dan kreatif merupakan kemampuan kognitif yang perlu dikembangkan dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Kemampuan semacam ini sangat dibutuhkan bagi siswa dalam menjalani kehidupan di masyarakat. Untuk itu, kegiatan pembelajaran perlu dirancang dan dilaksanakan dengan memfasilitasi siswa dalam mengasah kemampuan berfikir tingkat tinggi. Sehingga, kemampuan guru dalam menyusun soal-soal yang mengukur aspek tersebut menjadi faktor penentu ketercapaian tujuan ini.” Rangkaian kalimat inilah yang disampaikan oleh Dr. H. Wahidmurni, M.Pd, Ak. Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang menjadi narasumber dalam kegiatan workshop penyusunan soal HOTS di MAN Kota Batu.

                Workshop menjelang tahun pelajaran 2018-2019, dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 12 sampai tanggal 14 Juli 2018. Peserta workshop terdiri dari semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan MAN Kota Batu, guru pembina lifeskills, guru pembina ekstra kurikuler, guru ngaji dan guru pembina PRAMUKA. Dengan ucapan “Bismillahirrahmanirrahiim” seraya mengharap ridho Allah SWT, workshop dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batu ― Dr. H Mustain, M.Ag. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan kegiatan semacam ini sangat perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu SDM dari Madrasah ini menuju Madrasah Hebat Bermartabat.

Description: E:\HUMAS 2018-2019\IMG_20180712_090915_BURST1.jpg

Pembukaan workshop Penyusunan Soal HOTS dan EDM

                Setelah menikmati liburan semester yang disambung dengan libur hari Raya Iedul Fitri, ibarat Hand Phone yang low battery, kini serasa dicharge kembali ketika mendapatkan transformasi ion-ion positif dari motivasi yang disampaikan oleh bapak Kakankemenag Kota Batu. Dalam kesempatan tersebut, bapak Mustain mengingatkan kepada keluarga besar civitas akademik MAN Kota Batu agar mampu mewujudkan harapan dari bapak Direktur KSKK Kementerian Agama Republik Indonesia – Dr. H. A. Umar, M.A – saat peletakan batu pertama pembangunan gedung pendidikan MAN Kota Batu melalui dana SBSN tahun anggaran 2018. “Dana SBSN bukan hadiah, bukan harta rampasan, bukan pula harta warisan. Dana SBSN adalah dana bantuan yang harus ditebus dengan tagihan prestasi. Hutang kita kepada Negara harus kita bayar dengan dedikasi dan loyalitas ASN. Sebagai abdi Negara, kita harus siap untuk kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas demi menyiapkan generasi penerus bangsa ini dengan mewujudkan Madrasah Hebat Bermartabat”. Itulah kalimat pembakar semangat dari bapak Direktur KSKK KEMENAG Republik Indonesia.

Description: F:\Batu Pertama\IMG-20180630-WA0054.jpg

Description: F:\Batu Pertama\IMG20180630143647.jpg
Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Pendidikan MAN Kota Batu

                Selama workshop berlangsung, para peserta diminta langsung praktik menyusun soal HOTS setelah menerima penjelasan secara teoritis indetail. Peserta yang sudah selesai mencoba menyusun soal HOTS tersebut, secara bergiliran mempresentasikan hasilnya untuk dikoreksi bersama. Dengan demikian diharapkan semua peserta workshop dapat menyelesaikan tagihannya pada saat workshop berakhir. Sehingga pada tanggal 14 Juli 2018, semua perangkat pembelajaran dari bapak ibu guru MAN Kota Batu sudah siap disahkan oleh bapak Kepala Madrasah untuk digunakan saat proses KBM berlangsung.

Description: F:\112NIKON\DSCN1761.JPG

Praktik menyusun soal HOTS

Description: F:\112NIKON\DSCN1719.JPG

Presentasi hasil penyususan soal HOTS

                Setelah praktik menyusun soal HOTS dalam assessment belajar, kegiatan workshop dilanjutkan dengan Evaluasi Diri Madrasah (EDM). Tujuan dari EDM untuk menganalisa dan meneliti kembali program-program yang sudah dilaksanakan selama satu tahun yakni tahun pelajaran 2017-2018. Materi EDM diberikan oleh ibu pengawas Madrasah – Dra, Djamilatus Sakdiyah. Pemahaman terhadap materi EDM inilah yang mengantarkan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN Kota Batu untuk melakukan evaluasi program  Madrasah melalui Waka. Masing-masing wakil kepala Madrasah melaporkan dan mempertanggungjawabkan semua program yang menjadi leading sectornya. Dimulai dari WAKA SARPRAS, WAKA Kurikulum, WAKA Kesiswaan, dan WAKA HUMAS.

Description: F:\112NIKON\DSCN1755.JPG

Materi EDM oleh ibu Pengawas Madrasah Kankemenag Kota Batu

                Hasil analisa EDM dari program masing-masing WAKA inilah yang akan digunakan untuk mengisi format rekomendasi dalam delapan standar nasioanal pendidikan. Pengisian delapan komponen standar yang meliputi: standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan serta penilaian tersebut dipandu oleh WAKA Kurikulum – Munawirul Qulub, S. Pd., M. Si. Tenaga pendidik dan tenaga Kependidikan MAN Kota Batu, dibagi menjadi delapan kelompok sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan, peserta workshop bekerja secara kelompok sesuai dengan standar masing-masing. Hasil kerja kelompok dipresentasikan kepada semua peserta dengan harapan dapat saling melengkapi. Dengan mengikuti alur yang sudah ditentukan, hasil analisa EDM akan dirumuskan dalam RKAM.

Description: F:\112NIKON\DSCN1752.JPG

Materi Penyususnan RKAM berbasis EDM dan SNP

Description: F:\112NIKON\DSCN1781.JPG

Koordinasi Team TATIB MAN Kota Batu

                Semoga dengan workshop ini mampu mengantarkan kinerja para pendidik dan tenaga kependidikan MAN Kota Batu di tahun Pelajaran 2018-2019 lebih semangat dan lebih baik lagi demi terwujudnya Madrasah Hebat Bermartabat. Aamiiin .