• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

LDKS MAN KOTA BATU 2021

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa tahun 2021 dimulai pada hari Rabu, 20 Januari 2021. Acara dibuka pukul 07.00 WIB diawali dengan sambutan dari ketua pelaksana dilanjutkan dengan sambutan dari kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu, Drs. Farhadi,M.Si. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa keteladanan sifat nabi sangat diperlukan untuk generasi muda saat ini guna mencetak generasi muda yang sukses dan cemerlang.

Acara dilanjutkan dengan materi manajemen organisasi yang disampaikan oleh Kak Seto  Aji Nurkhotib. Dalam materinya, Kak Seto menyampaikan bahwa para pelajar harus tetap kreatif dan inovatif meskipun di tengah kondisi pandemi seperti saat ini. Di samping itu, beliau juga menyampaikan bahwa dalam berorganisasi hendaknya pelajar harus berpartisipasi aktif dan realistis. Hal ini dapat diwujudkan dengan selalu berkoordinasi dan berkomunikasi antara anggota satu dengan yang lainnya.

Materi  kedua adalah materi  public  speaking  yang disampaikan oleh Kak Faqi Barero. Dalam materinya beliau menyampaikan beberapa  point penting, beliau menyampaikan bahwa public speaking  bukan hanya kemampuan untuk berbicara di depan orang banyak, tetapi juga kemampuan untuk menyampaikan materi secara jelas dan konsisten.

Beliau juga memberikan beberapa tips yang bermanfaat terkait kendala-kendala yang sering dialami ketika berbicara di depan umum. Pertama adalah mengatasi demam panggung, Kak Faqi menyampaikan bahwa demam panggung adalah hal yang sangat wajar sekalipun seseorang sudah sering berbicara  di depan umum, maka untuk mengatasinya kita harus tetap tenang dan sebisa mungkin memahami materi, bukan menghafalnya. Selain itu, untuk  tetap menjaga simpati partisipan, pembicara harus selalu menjaga kepercayaan diri dan menjaga isi materi yang disampaikan. Jangan sampai materi yang disampaikan meluas dan keluar dari topik utama, hal tersebut dapat memicu pertanyaan yang tidak sesuai konteks dan membuat pembicara kehilangan konsentrasinya sendiri. Simpulan akhir yang beliau sampaikan adalah, jangan pernah takut dan malu. Sebab ketakutanlah  yang  justru membuat kita sulit.

Materi  terakhir penutup LDKS hari pertama adalah materi leadership sharing. Materi ini disampaikan oleh Kak Leady Kholifatur, Kak Taj Abdul Aziz, Kak DavaNugroho, dan Kak Hamdan Fudin. Semua pemateri merupakan orang-orang yang memiliki segudang pengalaman dalam hal kepemimpinan. Kak Leady menyampaikan terkait makna dan karakteristik kepemimpinan. Seorang pemimpin harus visioner, artinya seorang pemimpin harus memiliki gambaran kemanakah organisasinya akan dibawa. Selain itu, seoran gpemimpin harus berintegrasi,  fokus pada tujuan, berani mengambil resiko, dan merangkul semua anggota.

Kak Taj menyampaikan makna kepemimpinan secara luas, dimana pemimpin bukan hanya yang disebut sebagai ketua, melainkan setiap individu sejatinya adalah seoran pemimpin. Sebab setiap dari kita harus memimpin jasad, akal, dan nafsu kita masing-masing. Seorang pemimpin memiliki beberapa fungsi seperti instruktif, konsultatif, partisipatif, dan delegatif. Sedangkan Kak Dava dan Kak Hamdan, menyampaikan materi yang tidak jauh berbeda. Mereka menyampaikan beberap apesan kepada OSIS angkatan 2021-2022 untuk tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan.

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAN Kota Batu Raih Juara 2 Musabaqah Hifdzil Qur`an Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021

MAN Kota Batu kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini Aminah Rahma Sari, siswi kelas XII MIPA 2 meraih Juara 2 di ajang Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021 untuk cabang lomba Musabaqah

01/12/2021 07:29 WIB - PUSKOM MAKOBA
Gold Medal Kembali Diraih Tim KIR MAN Kota Batu di International Science and Invention Fair (ISIF) 2021

Deretan prestasi MAN Kota Batu di bidang Karya Ilmiah Remaja ternyata masih berlanjut. Gold Medal berhasil diraih lagi di kompetisi International Science and Invention Fair (ISIF) 2021.

01/12/2021 07:12 WIB - PUSKOM MAKOBA
Tim KIR MAN Kota Batu Raih Medali Emas di Ajang Internasional GloCoLis (Global Competition for Life Science) dan Dentistry Brawijaya University Special Award

MAN Kota Batu – Sekali lagi tim Karya Ilmiah Remaja MAN Kota Batu torehkan prestasi gemilang. Tidak main-main kali ini medali emas berhasil disabet melalui ajang kompetisi karya i

29/11/2021 09:45 WIB - PUSKOM MAKOBA
Awal November MAN Kota Batu Torehkan Berbagai Prestasi Internasional melalui Perjuangan Tim KIR

Mengawali bulan November Awarding ceremony open for public and live on IYSA Youtube Channel (IYSA Official) and i3L_official memulai acara puncak dalam penghargaan lomba International S

25/11/2021 13:53 WIB - PUSKOM MAKOBA