• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

Mohon Do'a Restu Pembukaan Akreditasi Daring MAN Kota Batu

      Senin, 6/9/21, dilaksanakan kegiatan Akreditasi MAN Kota Batu oleh Badan Akreditasi Nasional. Pembukaan agenda rutin 5 tahunan ini dimulai pukul 08.00 dengan dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Batu Bapak Drs. H. Imam Turmudi, M.Ag dan dihadiri secara virtual oleh Assesor Badan Akreditasi Nasional Bapak Moh. Baderun, M.Pd dan Bapak Drs. M. Lutfi, M.Pd. Serangkaian acara penilaian akreditasi ini akan berlangsung selama 2 hari yakni tanggal 6-7 September 2021. Bapak ibu guru MAN Kota Batu juga menghadiri langsung kegiatan ini dengan protokol kesehatan yang ketat.

Rangkaian pembukaan acara Akreditasi MAN Kota Batu diawali dengan membaca surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan sambutan Kepala MAN Kota Batu. Bapak Farhadi menyampaikan meskipun sudah ada beberapa dokumen yang di upload di SISPENA (Sistem Penilaian Akreditasi), masih ada dokumen-dokumen lain yang dapat menunjang bukti mutu MAN Kota Batu namun belum di upload karena berbagai keterbatasan. Pada kesempatan ini assessor diharapkan bisa melihatnya secara menyeluruh. Beliau juga memperkenalkan tim panitia akreditasi yang akan mendampingi kegiatan penilaian di hari ini dan berharap agar MAN Kota Batu bisa mempertahankan akreditasi A yang sudah berhasil diraih sebelumnya.

          Bapak Lutfi selaku assessor juga memberikan sambutan singkat untuk mengawali kegiatan penilaian akreditasi ini. Beliau menyampaikan dengan keadaan daring seperti ini memang akan ada yang berbeda. Assesor dalam pelaksanaan fungsi klarifikasi, verifikasi, dan validasi akan berusaha secara optimal secara daring untuk menjalankan tugas tersebut. Beliau juga mengucapkan permohonan maaf jika nanti ada beberapa kekurangan.

Serangkaian acara pembukaan ini ditutup dengan pembacaan do`a yang dipandu oleh Bapak Drs. Muhid. Dengan khusyuk dan sungguh-sungguh, seluruh hadirin berharap semoga kegiatan akreditasi ini dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Setelah rangkaian pembukaan selesai, assessor mulai melakukan penilaian akreditasi. Komponen-komponen penilaian yang terdiri dari mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, dan manajemen di nilai satu persatu secara teliti. Dengan dibantu oleh panitia yang bertugas, kedua assessor menggali secara mendalam data-data MAN Kota Batu melalui wawancara bersama panitia dan guru serta pembuktian dokumen-dokumen administrasi. Proses penilaian hari pertama ini dilengkapi dengan wawancara kepada pengurus komite dan perwakilan wali murid. Seluruhnya mengaku senang dan bangga telah menyekolahkan anak-anaknya di MAN Kota Batu.

Agenda penilaian hari kedua dilaksanakan dengan melibatkan partisipasi siswa. Kedua assessor hadir dalam kegiatan pembelajaran daring yang berlangsung. Masing-masing memasuki kelas yang berbeda di mata pelajaran sejarah kelas XII IPS 1 dan mata pelajaran kimia kelas XII MIPA 1. Dilanjutkan dengan wawancara secara virtual kepada para siswa. Para assessor mengutarakan senang dan bangga atas sepak terjang manajemen yang telah dilakukan oleh MAN Kota Batu. Semoga MAN Kota Batu bisa mempertahankan nilai A pada akreditasi kali ini, sehingga benar-benar bisa menjadi bengkel akhlak dan lumbung prestasi sebagaimana yang disampaikan oleh Bapak Drs. Zainullah Anwar, M.Si, Ketua Komite MAN Kota Batu.

MAN Kota Batu MANTAP. Bermartabat dan Berprestasi.  (Alvita & Crew  RedAksi)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Vaksinasi Massal Dosis ke-2, MAN Kota Batu menuju Angka 100% di Vaksin

Kota Batu -Selasa, 12 Oktober 2021, MAN Kota Batu kembali menyelenggarakan vaksinasi massal di lingkungan madrasah. Kegiatan ini adalah kelanjutan dari vaksinasi massal dosis pertama y

12/10/2021 11:21 WIB - PUSKOM MAKOBA
Webinar Public Speaking OSIS MAN Kota Batu Hadirkan Presenter JTV

Batu, 01 Oktober (01/10) 2021 Webinar Public Speaking yang diadakan OSIS MAN Kota Batu tepat dimulai pukul 15.00. Acara yang dipandu oleh kak Raihan Mujaayid ini dihadiri  kurang

02/10/2021 10:38 WIB - PUSKOM MAKOBA
Aan Dwi Arianto,Siswa MAN Kota Batu Juara 2 Running 10K Se-Jawa Timur

Aan Dwi Arianto, Juara 2 Running 10K Se-Jawa Timur Pandemi Covid-19 tidak lantas melunturkan semangat Aan Dwi Arianto untuk berprestasi di cabang olah raga atletik. Meski sempat vakum

02/10/2021 10:20 WIB - PUSKOM MAKOBA
Sosialisasi Madrasah Ramah Anak Oleh Tim Pendma Kanwil Kemenag JATIM

  Batu, 30 September (30/9) 2021- Kamis siang, MAN Kota Batu kedatangan tamu dari tim Bidang Pendidikan Madrasah  (Pendma) Kantor Wilayah Jawa Timur guna sosialisasi program M

30/09/2021 18:11 WIB - PUSKOM MAKOBA