• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

Webinar Public Speaking OSIS MAN Kota Batu Hadirkan Presenter JTV

Batu, 01 Oktober (01/10) 2021 Webinar Public Speaking yang diadakan OSIS MAN Kota Batu tepat dimulai pukul 15.00. Acara yang dipandu oleh kak Raihan Mujaayid ini dihadiri  kurang lebih 100 peserta dari berbagai usia dan juga daerah se-Indonesia diantaranya Palu,Tangerang, Jakarta, Palembang, Bandung, Medan Maluku, Denpasar Bali dan beberapa kota di provinsi Jawa Timur. Pada webinar ini target utamanya adalah para peserta menjadi berani untuk berbicara dan action di depan public dan pentingnya public speaking ini nanti dalam dunia kerja. 

Mustaghfiroh Yusuf, Presenter JTV yang akrab disapa kak Firo merupakan pemateri pertama pada kegiatan ini. Beliau menyampaikan tentang The Art of Public Speaking dengan sangat baik dan keren sehingga membuat para peserta makin antusias dengan webinar ini. Ada 3 Kunci public speaking yaitu What, Whom dan Why. What adalah sebuah proses komunikasi untuk menyampaikan ide atau gagasan, Whom artinya berbicara dihadapan audience dan Why adalah untuk mempengaruhi, memberikan informasi, dan mengedukasi. Dari 3 kunci tersebut kita bisa mengetahui bahwa public speaking merupakan sebuah proses komunikasi untuk menyampaikan ide/gagasan dihadapan audience sehingga dapat mempengaruhi, memberikan informasi dan mengedukasi para pendengar. 

Kak Firo juga menyampaikan betapa pentingnya persiapan sebelum kita berbicara didepan para audience. Seperti kata seorang filosofi Socrates "Siapa yang naik panggung tanpa persiapan, maka akan turun tanpa kehormatan". Jadi kak Firo membagikan pengalamannya dalam preparation berbicara selama menjadi presenter TV, news reader, host for talkshow dan live report. Ada 7 preparation yang perlu disiapkan sebelum kita menjadi public speaking yaitu Do research dengan cara mengupdate informasi terkini, menjadi pembaca yang baik dan menganalisis kebutuhan audience, Erase Your Nervousness yaitu cara mengurangi sebuah resiko jika saya tidak melakukan persiapan, mengatur nafas yang baik dan tetap fokus, Vocal Technique yaitu artikulasi (kejelasan), kecepatan, intonasi dan volume suara, Physic, gesture, and body language adalah kesesuain dalam memakai baju yang rapi, pas dengan suasananya dan sesuai aturan yang berlaku, Gestur dan bahasa tubuh misalnya posisi berdiri, ekspresi dan kontak mata dengan audience, On cammera technique merupakan posisi kita sudah tepat atau blok posisi sehingga tidak terlihat dan fokus dengan kamera yang merekam. Berikutnya Practice, practice, and practice dan yang terakhir Never stop learning.

 

Pada sesi selanjutnya Ahmad Farhan Mawarid seorang Announcer UMMFM yang akrab disapa dengan kak Farhan berbagi ilmunya kepada para peserta dengan judul Public Speaking VS Everybody. Pesan beliau yang dapat diambil dari judul tersebut adalah“apabila kita sudah menguasai public speaking tanpa kita sadari kita juga sudah menguasai public. Maka kak Farhan menambahkan bahwa hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum public speaking adalah niat dan mental, materi, kondisi fisik dan latihan (practice). Pesan beliau ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan action public speaking yaitu jangan menyepelekan public speaking (membaca naskah berkali-kali agar hafal), jangan malas buka mulut, pentingnya bahasa tubuh, kontak mata dengan audiens, bicara setepatnya bukan bicara secepatnya dan tuntutan harus tampil prima.

Kak Farhan juga memberikan pengalamannya selama ini, beliau sering latihan berbicara didepan cermin. Hal ini menurutnya paling efektif karena kita bisa melihat diri kita sendiri dan ekspresi wajah kita dengan baik. Selain itu kita juga bisa latihan public speaking dengan mengikuti komunitas atau seminar public speaking, menggunakan internet semaksimal mungkin, meminta evaluasi dari orang sekitar rumah dan perbanyak jam terbang (terus latihan, dengan mengaca, belajar membaca prompter, belajar speed dan tempo, dengerin podcast, berpura-pura menjadi Najwa Shihab dll). 

Pada sesi terakhir webinar, antusias para peserta untuk bertanya sangat luar biasa. Ada banyak pertanyaan baik secara lisan maupun tertulis yang dijawab oleh pemateri dengan baik dan memuaskan. Salah satu pertanyaan dari peserta asal MA Raudhatul Ulum Jakarta mewakili kita semua yaitu “sering kali kita berbicara di depan audience tiba-tiba blank, tidak tahu apa yang harus dibicarakan lagi sehingga audiens menunggu dan kadang juga mensoraki, bagaimana mengatasi hal tersebut?”. Maka kita mendapat tips dari pemateri untuk mengatasi hal tersebut adalah kita bisa membawa contekan (catatan kecil) apa yang akan disampaikan, menata pernafasan dan pelan-pelan saat menyampaikan materi. Tidak lupa pula agar audiens menerima apa yang disampaikan bisa mengawali dengan komunikasi misalnya dengan bertanya.

 Akhirnya berakhir sudah rangkaian kegiatan webinar sore itu, para peserta merasa senang gembira mendapat ilmu baru yang sangat luar biasa dari pemateri handal. Menurut kak Firo public speaking sangat penting, karena seseorang yang memiliki nilai IPK sama-sama 4.00 ketika menjawab wawancara masuk kerja akan berbeda. Public Speaking merupakan sebuah proses komunikasi untuk menyampaikan ide atau gagasan dan yang paling terpenting adalah bahwa semua orang bisa menjadi Public Speaker. Nabi Muhammad dalam hadistnya bersabda فَلْيَقُلْ خَيْرًا أَوْ لِيَصْمُتْ (Speak a good word or remain silent)” artinya hendaklah berkata yang baik atau lebih baik diam. (Indah N' Crew redAksi)

 

Komentar

Al-hamdu lillãh , Ilmu/ pengetahuan tanpa dipraktekkan bagaikan pohon tanpa bunga dan buah.

Alhamdulillah.... Semakin kreatif.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Vaksinasi Massal Dosis ke-2, MAN Kota Batu menuju Angka 100% di Vaksin

Kota Batu -Selasa, 12 Oktober 2021, MAN Kota Batu kembali menyelenggarakan vaksinasi massal di lingkungan madrasah. Kegiatan ini adalah kelanjutan dari vaksinasi massal dosis pertama y

12/10/2021 11:21 WIB - PUSKOM MAKOBA
Aan Dwi Arianto,Siswa MAN Kota Batu Juara 2 Running 10K Se-Jawa Timur

Aan Dwi Arianto, Juara 2 Running 10K Se-Jawa Timur Pandemi Covid-19 tidak lantas melunturkan semangat Aan Dwi Arianto untuk berprestasi di cabang olah raga atletik. Meski sempat vakum

02/10/2021 10:20 WIB - PUSKOM MAKOBA
Sosialisasi Madrasah Ramah Anak Oleh Tim Pendma Kanwil Kemenag JATIM

  Batu, 30 September (30/9) 2021- Kamis siang, MAN Kota Batu kedatangan tamu dari tim Bidang Pendidikan Madrasah  (Pendma) Kantor Wilayah Jawa Timur guna sosialisasi program M

30/09/2021 18:11 WIB - PUSKOM MAKOBA
Pembinaan Kepegawaian dan Sosialisasi RDM Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidkan MAN Kota Batu

Batu, 27 September (27/09) 2021 kegiatan Pembinaan Kepegawaian dan Sosialisasi RDM Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidkan MAN Kota Batu dimulai tepat pukul 08.25 WIB bertempat di Aula yan

27/09/2021 15:11 WIB - PUSKOM MAKOBA