• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

Literasi Berkobar Madrasah Bersinar dalam Gebyar Literasi MAN Kota Batu 2021

Batu, 29 Oktober  2021 kegiatan Gebyar Literasi MAN Kota Batu dengan tema “Literasi Berkobar Madrasah Bersinar” tepat dimulai pukul 08.00 WIB di Aula yang dihadiri oleh para guru dan siswa baik secara langsung ataupun live youtube Makoba Official dan IG. Kegiatan ini diawali dengan pra acara yang sangat meriah oleh tim karawitan MAN Kota Batu bimbingan Bapak Bambang Hermanto, S.Sn. Shanaz sebagai pembawa acara memulai kegiatan ini secara hikmad dengan membaca basmallah dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur`an oleh pemenang MTQ 2021 yaitu Muhammad Wahyudi H. Berikutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya dan sambutan-sambutan serta pembukaan acara oleh Bapak Drs. Farhadi, M.Si selaku Kepala MAN Kota Batu.

Dalam sambutannya Bapak Drs. Farhadi, M.Si menyampaikan bahwa budaya literasi sudah ada sejak wahyu pertama diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW yaitu "اِقْرَأْ". Menurut ajaran Islam waktu itu Nabi diperintahkan untuk membaca maka tepat sekali jika MAN Kota Batu sebagai “Madrasah Literasi“ para guru dan siswa gemar membaca dan mulai menulis sebuah karya. Beliau juga menyampaikan banyak terima kasih kepada para koordinator literasi dan panitia sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik. Harapannya dengan kegiatan ini bisa memotivasi lagi para guru dan sisiwa untuk menghasilkan karya tulis.

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan persembahan guru yaitu menyanyikan lagu literasi diiringi musik tradisional dan modern. Tidak lupa pada kegiatan ini madrasah juga mengumumkan para pemenang lomba peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan memberikan berbagai hadiah untuk para pemenang. Diantaranya lomba MTQ putra dan putri, Singer Islami dan Cipta Puisi. Pada kesempatan ini pemenang cipta puisi membacakan hasil karya puisinya yang terinspirasi dari surah Al-`Ala dengan judul “Singgasana Arsy”.

Acara inti pada gebyar literasi kali ini yaitu Bedah Buku karya guru yang berjudul “Pangeran Rojoyo dan Tokoh Islamisasi Kota Batu” dan karya siswa dalam buku “Madrasah Menurutku”. Diawali dengan sambutan Dra. Khalimatus S, M.Pd selaku Koordinator Literasi MAN Kota Batu dilanjutkan dengan pameran sebagian karya guru dan siswa dalam bentuk video. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan Literasi di madrasah berawal sejak tahun 2017 dengan 7 karya guru. Alhamdulillah untuk saat ini sudah lebih dari 20 karya guru. Bahkan pada masa pandemi para guru tetap berkarya sehingga 6 buku baru berhasil menambah koleksi buku guru. Diantaranya Bu Alfiah Nurul Aini, M.Pd menulis novel dengan judul “Mawar yang tak dirindukan”, Pak M. Rofiul Alim, S.Pd dan Bu Luluk Khusniah, S.Pd buku sejarah yang berupa komik berkolaborasi bersama siswa dan lain-lain.

Kegiatan bedah buku dipandu oleh Pak M. Rofiul Alim, S.Pd dengan sangat menarik. Para nara sumber menyampaikan sedikit ulasan buku yang ditulis. Aminah Rahmasari XII MIPA 2 mengatakan bahwa dia sangat bangga selama sekolah di madrasah, seluruh perasaan, pikiran dan pengalaman selama ini dia tumpahkan pada tulisan tersebut. Diantaranya pengalaman memperoleh Juara Internasional MTQ, dalam tulisan itu dia juga mencurahkan kesedihannya karena kehilangan guru MTQ nya yaitu Ustadz Ghozali sehingga membuahkan karya yang diberi  judul Spirit Of My Life walaupun beliau sudah tiada tetapi semangat mempelajari Al-Qur`an tetap berkobar.

Berbeda dengan Aminah,  Muhammad Rakha Alfahearl XII IPS 1 menuliskan bahwa pertama kali sangat menyesal masuk MAN Kota Batu tetapi lambat laun rasa itu bisa terkikis dengan semua bakat yang tersalurkan di madrasah ini sehingga saat ini ia bangga sekali bersekolah di madrasah tepatnya MAN Kota Batu. Madrasah tidak hanya mengajarkan intelektual tetapi juga akhlaqul karimah. Buku “Madrasah Menurutku” ini merupakan buku ke-4 yang berhasil Rakha tulis bersama teman-temannya. Awal bisa menulis salah satu kuncinya yaitu “Tuliskan saja apa yang kamu pikirkan, gak usah mikir benar atau tidaknya” ,ujar Rakha.

Luluk Khusniah, S.Pd sebagai nara sumber utama pagi ini menceritakan bahwa buku Pangeran Rojoyo dan Tokoh Islamisasi Kota Batu ini tertulis karena ada motivasi dari para guru sejarah dan siswa pecinta sejarah. Islam masuk di Kota Batu sekitar abad ke-17. Agama Islam pertama kali dibawa oleh Pangeran Rojoyo. Beliau memerintahkan santri-santrinya (Mbah Ageng Mayangsari, Mbah Bener, Mbah Mas dan Mbah Matsari) untuk menyebarkan Islam di daerah sekitar Batu. Proses penyebaran Islam meninggalkan beberapa bukti arkeologis antara lain: masjid, kitab Al-qur`an yang ditulis tangan dan makam-makam tokoh penyebaran Islam yang ada di Kota Batu. Menurut beliau menulis adalah hiburan ditengah kesibukan kita ketika jenuh dengan suatu pekerjaan. “Menulis tidak bisa kita paksa tetapi tulislah sesuai dengan keinginan” kata beliau.

Dari ulasan bedah buku yang disampaikan oleh para nara sumber banyak sekali penanya  baik secara online maupun offline dari siswa maupun guru yang ingin mengetahui bagaimana tip untuk menulis dengan mudah. Para nara sumber memberikan jawaban dengan mengajak para peserta untuk tidak takut menulis dan tulislah sesuai hobi serta jangan lupa sasaran tulisan kita siapa agar lebih menarik. Bisa juga yang paling simple menulis pada story media sosial kita masing-masing.

Rakha mengajak para peserta untuk tidak takut dalam menulis. Ayo menulis karena dengan menulis dunia akan mengenalmu. Aminah juga tak mau kalah mengajak untuk menulis karena tulisan kita mungkin akan bermanfaat bagi orang lain demikian juga dengan Bu Luluk menyampaikan,

“Menulislah apa yang kalian suka agar merasa enjoy. Pembawa acara kita juga tak lupa mengingatkan  kita pada kata Hos Tjokroaminoto kepada Bung Karno “Jika Kalian Ingin Menjadi Pemimpin Menulislah Seperti Wartawan dan Berbicaralah seperti Orator”

Pada puncak acara perwakilan siswa mengucapkan ikrar pemuda dengan khusuk dan diiringi lagu nasional yang dinyanyikan oleh Pemenang Juara 1 singer. Kemudian ditutup dengan musik tradisional Madura Ul Daul karawitan MAN Kota Batu dengan sangat meriah.  (Indah & Crew RedAksi)

Komentar

Aamiin. Semoga gebyar literasi setiap tahunnya ada dan makin sukses. Literasi Berkobar Madrasah Bersinar

Alhamdulillah.... semoga dengan berkobar ya semangat Literasi MAN KOTA BATU semakin bersinar. Aamiin

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAN Kota Batu Raih Juara 2 Musabaqah Hifdzil Qur`an Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021

MAN Kota Batu kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini Aminah Rahma Sari, siswi kelas XII MIPA 2 meraih Juara 2 di ajang Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021 untuk cabang lomba Musabaqah

01/12/2021 07:29 WIB - PUSKOM MAKOBA
Gold Medal Kembali Diraih Tim KIR MAN Kota Batu di International Science and Invention Fair (ISIF) 2021

Deretan prestasi MAN Kota Batu di bidang Karya Ilmiah Remaja ternyata masih berlanjut. Gold Medal berhasil diraih lagi di kompetisi International Science and Invention Fair (ISIF) 2021.

01/12/2021 07:12 WIB - PUSKOM MAKOBA
Tim KIR MAN Kota Batu Raih Medali Emas di Ajang Internasional GloCoLis (Global Competition for Life Science) dan Dentistry Brawijaya University Special Award

MAN Kota Batu – Sekali lagi tim Karya Ilmiah Remaja MAN Kota Batu torehkan prestasi gemilang. Tidak main-main kali ini medali emas berhasil disabet melalui ajang kompetisi karya i

29/11/2021 09:45 WIB - PUSKOM MAKOBA
Awal November MAN Kota Batu Torehkan Berbagai Prestasi Internasional melalui Perjuangan Tim KIR

Mengawali bulan November Awarding ceremony open for public and live on IYSA Youtube Channel (IYSA Official) and i3L_official memulai acara puncak dalam penghargaan lomba International S

25/11/2021 13:53 WIB - PUSKOM MAKOBA