• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

Pengajian Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H & Hari Santri Nasional MAN Kota Batu

Sabtu, 30 Oktober 2021. MAN Kota Batu gelar Pengajian Maulid Nabi Muhammad Saw 1443 H dan Peringatan Hari Santri Nasional 2021 pada Sabtu Pagi, 30 Oktober 2021. Acara yang menghadirkan da`i kondang KH. A`ad Ainurussalam ini diadakan di Aula MAN Kota Batu dan disiarkan secara daring melalui akun youtube serta instagram MAN Kota Batu Official. Pada pengajian kali ini, turut hadir guru dan karyawan MAN Kota Batu serta ibu-ibu Dharma Wanita dari Kankemenag Kota Batu. Turut berpartisipasi pula ibu-ibu Dharma Wanita MAN Kota Batu sebagai salah satu pengisi acara.

Sebagai pra-acara, Tim Banjari MAN Kota Batu mempersembahkan beberapa lantunan sholawat. Dengan dipandu oleh Bapak Al Ajis, S.Pd, M.Pd, acara dimulai dengan membaca suratul fatihah dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Alqur`an oleh Aminah Rahma Sari, Juara 2 Lomba Tahfidzul Qur`an 5 Juz Universitas Brawijaya. Acara selanjutnya adalah sambutan Kepala MAN Kota Batu Bapak Drs. Farhadi, M.Si. Pada sambutannya, beliau menyampaikan agar bisa meniru akhlak Rasulullah. Diharapkan juga agar siswa-siswi MAN Kota bisa selalu berperilaku santri kapanpun dan dimanapun. “Jika nanti anak-anakku menjadi guru, maka jadilah guru yang santri. Jadi dokter, arsitek, pengusaha, pedagang, atau apapun tetaplah berperilaku santri. Jika ini terjadi maka insyaallah negara ini akan menjadi baldatun thoyyibatun wa robbun ghafur,” tutur Pak Farhadi.

Acara selanjutnya adalah penampilan Seni Karawitan Ibu-ibu Dharma Wanita MAN Kota. Sebagai salah satu upaya uri-uri budaya Jawi, beliau menampilkan 2 lagu bernada Prau Layar dan Sholawat.

Mauidhoh hasanah pada acara kali ini disampaikan secara menarik oleh KH. A`ad Ainurussalam. Tidak hanya materi yang jelas, namun beberapa kali juga diselingi lantunan lagu dan sholawat yang merdu. Pada mauidhohnya, beliau menyampaikan bahwa untuk bisa meniru akhlak Rasulullah maka kita harus mengetahuinya. Akhlak Rasulullah yang paling istimewa adalah kesabarannya. Sedalam apa umat menyakiti Rasulullah, beliau tidak pernah mendo`akan kejelekan kepada umatnya. Begitupun lisan Rasulullah. Beliau tidak pernah bertutur kecuali yang diperlukan. Dalam QS. Al Fath : 29 juga telah disebutkan bahwa sifat sebagai sorang muslim adalah tegas dengan pengaruh orang-orang kafir, tapi tetap rukun dan berkasih sayang dalam kehidupan bermasyarakat, selalu melaksanakan sholat dan mencari yang halal untuk keridhoan-Nya, serta selalu menunjukkan identitas sebagai orang muslim. KH. A`ad menutup mauidhohnya dengan do`a bersama.

Acara selanjutnya adalah sambutan perpisahan purna tugas oleh Bapak Muhid. Beliau mengaku senang bisa menjadi bagian MAN Kota Batu yang penuh kekeluargaan. Beliau juga memohon maaf baik pada guru maupun siswa jika ada hal yang tidak berkenan selama bekerja dan dilanjutkan dengan penyerahan tali asih dari MAN Kota Batu. Selepas purna, Bapak Muhid yang sebelumnya juga merangkap sebagai Kepala Pengurus Ma`had al-Ulya MAN Kota Batu, maka telah selesai mengemban tugas tersebut.

Pada acara ini, diumumkan pula pemenang lomba peringatan Maulid Nabi dan Hari Santri Siswa MAN Kota Batu. Dimeriahkan pula oleh penampilan peraih Juara 1 Pidato Bahasa Arab atas nama M. Irsyad Mahila kelas XII Agama dan Juara 1 Pidato Bahasa Inggris atas nama Tanaya Sufi Ahnaf kelas XII MIPA 1. Serangkaian acara hari ini diakhiri dengan pengumuman resmi pengurus Ma`had al-Ulya oleh Bapak Kepala Madrasah.

Adapun nama-nama pengurus baru Ma`had antara lain Bapak Munawirul Qulub, M.Si sebagai ketua, tetap didampingi dengan Bapak Muhid yang masih ingin berhidmat sebagai wakilnya, sekretaris diemban oleh Bapak Ahmad Fauzan, M.Pd, dan bendahara oleh Ibu Nurjanah, S.Pd.I, M.A. (Vita & Tim Redaksi)

Komentar

Alhamdulillah....acara peringatan Maulid Nabi dan peringatan Hari Santri berlangsung dengan lancar, semoga menambah keberkahan bersama. Aamiin

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAN Kota Batu Raih Juara 2 Musabaqah Hifdzil Qur`an Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021

MAN Kota Batu kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini Aminah Rahma Sari, siswi kelas XII MIPA 2 meraih Juara 2 di ajang Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021 untuk cabang lomba Musabaqah

01/12/2021 07:29 WIB - PUSKOM MAKOBA
Gold Medal Kembali Diraih Tim KIR MAN Kota Batu di International Science and Invention Fair (ISIF) 2021

Deretan prestasi MAN Kota Batu di bidang Karya Ilmiah Remaja ternyata masih berlanjut. Gold Medal berhasil diraih lagi di kompetisi International Science and Invention Fair (ISIF) 2021.

01/12/2021 07:12 WIB - PUSKOM MAKOBA
Tim KIR MAN Kota Batu Raih Medali Emas di Ajang Internasional GloCoLis (Global Competition for Life Science) dan Dentistry Brawijaya University Special Award

MAN Kota Batu – Sekali lagi tim Karya Ilmiah Remaja MAN Kota Batu torehkan prestasi gemilang. Tidak main-main kali ini medali emas berhasil disabet melalui ajang kompetisi karya i

29/11/2021 09:45 WIB - PUSKOM MAKOBA
Awal November MAN Kota Batu Torehkan Berbagai Prestasi Internasional melalui Perjuangan Tim KIR

Mengawali bulan November Awarding ceremony open for public and live on IYSA Youtube Channel (IYSA Official) and i3L_official memulai acara puncak dalam penghargaan lomba International S

25/11/2021 13:53 WIB - PUSKOM MAKOBA