• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

Awal November MAN Kota Batu Torehkan Berbagai Prestasi Internasional melalui Perjuangan Tim KIR

Mengawali bulan November Awarding ceremony open for public and live on IYSA Youtube Channel (IYSA Official) and i3L_official memulai acara puncak dalam penghargaan lomba International Science And Invention Fair (ISIF) 2021. Alhamdulillah Tim 1 MAN Kota Batu berhasil meraih Gold Medal dan Special Award dari Institut Pertanian Bogor  yang diikuti oleh 500 tim dari 36 Negara dengan judul “Fortification of  Sorghum (Sorghum Bicolor) And Apple Skin (Malus Domestica) On "Sorple Bar" As An Immunostimulant”.

Medali emas ini berhasil diraih oleh 6 siswa dari berbagai jurusan yang menekuni dunia karya ilmiah sejak kelas X di MAN Kota Batu dengan pembimbing Ibu Dra. Diah Rahmawati (Guru Biologi MAN Kota Batu). Siswa tersebut adalah Shanaz As Shafa Putri Fatihin (XI MIPA 3), Azizah Alif Habibillah (XI IPS 2), Fidzia Alima (XI IPS 2), Renata Bunga Maharanie (XI MIPA 3), Rosiana Fitri Fadilah (XI IPS 2), Shabrina Aisyah Putri Fatihin (XI IPS 1).

 

      (Salah satu foto persiapan penelitian dalam pembuatan produk)

Latar belakang penelitian ini sangat relevan dengan kehidupan di masa pandemi saat ini, yakni pandemi corona yang sedang melanda Indonesia dan negara lainnya selama 2 tahun terakhir. Pandemi berdampak terhadap turunnya imun seseorang. Turunnya imun ini menyebabkan berkurangnya kekuatan fisik dan mental. Dari fisik nutrisi dalam tubuh tidak bisa terserap dengan baik, dari sisi mental mengakibatkan stres berlebih karena jarangnya melakukan sosialisasi. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mencoba menemukan solusi dengan bereksperimen menggabungkan sorghum fortifikasi (Sorghum Bicolor) dan kulit apel (Malus Domestica) menjadi "Sorple Bar" sebagai imunostimulan. Imunostimulan sendiri adalah substansi (obat dan nutrien) yang menstimulasi sistem imun dengan meningkatkan aktivitas komponen sistem imun untuk melawan infeksi dan penyakit.

 

(Bentuk Produk Sorple bar siap dikonsumsi dan kemasan untuk penjualan produk)

Proses penelitian ini memerlukan waktu 2 – 3 bulan sampai ditemukan makanan yang sehat dan bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh serta rendah kalori. Bahan dasarnya pun juga mudah didapat yaitu kulit apel dan sorghum yang diolah menjadi snack bar sebagai  immunostimulant dengan nama Sorple Bar yang diambil dari kata sorghum dan apple. Kulit apel mengandung flavonoid, serat dan vitamin C. Sorghum digunakan sebagai pengganti tepung terigu yang lebih rendah kalori. Kedua bahan tersebut dapat meningkatkan kondisi imun tubuh.

Peneliti menggunakan sorghum (Sorghum bicolor) dan kulit apel (Malus domestica) sebagai imunostimulan bagi remaja. Dalam Sorple Bar peneliti menggabungkan flavonoid pada kulit apel dan sorghum yang rendah kalori sebagai pengganti tepung yang memang sesuai sekali bagi yang memprogramkan diet karena tidak ada efek samping yang ditimbulkan.(Indah N' RedAksi)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
MAN Kota Batu Raih Juara 2 Musabaqah Hifdzil Qur`an Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021

MAN Kota Batu kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini Aminah Rahma Sari, siswi kelas XII MIPA 2 meraih Juara 2 di ajang Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021 untuk cabang lomba Musabaqah

01/12/2021 07:29 WIB - PUSKOM MAKOBA
Gold Medal Kembali Diraih Tim KIR MAN Kota Batu di International Science and Invention Fair (ISIF) 2021

Deretan prestasi MAN Kota Batu di bidang Karya Ilmiah Remaja ternyata masih berlanjut. Gold Medal berhasil diraih lagi di kompetisi International Science and Invention Fair (ISIF) 2021.

01/12/2021 07:12 WIB - PUSKOM MAKOBA
Tim KIR MAN Kota Batu Raih Medali Emas di Ajang Internasional GloCoLis (Global Competition for Life Science) dan Dentistry Brawijaya University Special Award

MAN Kota Batu – Sekali lagi tim Karya Ilmiah Remaja MAN Kota Batu torehkan prestasi gemilang. Tidak main-main kali ini medali emas berhasil disabet melalui ajang kompetisi karya i

29/11/2021 09:45 WIB - PUSKOM MAKOBA
Kemeriahan Menyambut Peringatan Hari Guru 2021 MAN Kota Batu

Batu, 23 November (23/11) 2021 siswa-siswi memberikan surpise kepada para guru MAN Kota Batu dalam kegiatan menyambut Hari Guru tahun ini. Dengan kekompakan para siswa dari kelas X samp

25/11/2021 07:15 WIB - PUSKOM MAKOBA