• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

MAN Kota Batu Raih Juara 2 Musabaqah Hifdzil Qur`an Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021

MAN Kota Batu kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini Aminah Rahma Sari, siswi kelas XII MIPA 2 meraih Juara 2 di ajang Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021 untuk cabang lomba Musabaqah Hifdzil Qur`an 5 Juz. Lomba yang digelar secara virtual ini diadakan oleh Universitas Brawijaya sejak bulan Juli 2021 dan baru diumumkan pemenangnya di akhir bulan Oktober.

Aminah mengaku menyiapkan lomba ini cukup lama. Sejak melakukan pendaftaran pada tanggal 12 Juli, dia terus melakukan muroja`ah di rumah. Selain disimak oleh ibu dan adiknya, Aminah juga mendapatkan pembimbingan khusus dari Ustadzah Khusnia, Guru Tahfidz MAN Kota Batu. Setelah diumumkan lulus verifikasi, Aminah semakin intens dalam berlatih. Mulai dari muroja`ah dengan bin nadzor di awal bulan Juli sampai September, hingga mendekati hari-H lomba, Aminah berlatih dengan membaca juz 1-5 bil ghoib dalam sekali duduk. Bahkan dua hari sebelum pelaksanaan lomba Aminah meningkatkan intensitas nderes 5 juz hingga membaca dua sampai tiga kali dalam sehari.

Awal mulai mengikuti lomba ini, Aminah hanya berniat mengukur kemampuannya. Ia menantang diri untuk bisa membaca juz 1 sampai juz 5 sekali duduk di depan ibunya. “Kebetulan ada lomba, jadi sekalian saja,” tutur Aminah. Aminah mengaku tidak pernah berniat untuk menggunakan Al-Qur`an guna mendapatkan prestasi. Aminah hanya ingin mengukur selancar apa hafalan 5 juznya. Meki demikian, bukan berarti Aminah menyiapkan lomba ini tanpa hambatan. Di tengah persiapannya, Aminah diuji dengan ibunya yang jatuh sakit sehingga sempat terkendala untuk bimbingan. “Alhamdulillah, H-4 ibu sudah sembuh,” tuturnya lagi.

Babak penyisihan, Aminah mampu melalui dengan sangat baik. Tanpa ada suara bel kesalahan baik khaffy maupun jally, sehingga mengantarkannya di urutan pertama untuk masuk babak final. Lantas di tanggal 23 Oktober 2021, Aminah mengikuti babak final dan diumumkan meraih juara kedua pada tanggal 30 Oktober.

Kepada teman-teman sesama penghafal Al-Qur`an, Aminah mengajak agar bisa istiqomah muroja`ah. “Muroja`ah tidak hanya untuk mencapai lancar karena ketika sudah lancar, maka muroja`ah itu akan berhenti sampai disitu,” ungkapnya. Dari lomba ini, Aminah juga merasa harus lebih banyak nderes karena masih dijumpai kesalahan di babak final. Dia juga mohon doa agar bisa istiqomah menjaga hati, sikap serta hafalan Al-Qur`annya. (Vita & tim redaksi)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PEMBINAAN APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN KEMENAG KOTA BATU

Merupakan suatu kehormatan bagi MAN Kota Batu menjadi tuan rumah  penyelenggaraan pembinaan ASN di lingkungan Kemenag Kota Batu oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jaw

18/01/2022 13:23 WIB - PUSKOM MAKOBA
TIM KIR MAN Kota Batu Kembali Meraih Gold Medals dan Special Award dalam Ajang Internasional

  Batu, 14 Desember (14/12) 2021 MAN Kota Batu kembali berhasil memperoleh medali emas dan Special Award pada ajang lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) yaitu I2ASPO (Indonesia Internas

15/12/2021 12:11 WIB - PUSKOM MAKOBA
MAN KOTA BATU BERTABUR PRESTASI DI BIDANG KTI

MAN Kota Batu  kembali menorehkan prestasi di penghujung tahun 2021. Setelah berbagai medali berhasil diraih oleh Tim KIR MAN Kota Batu di kancah nasional dan Internasional, k

15/12/2021 11:53 WIB - PUSKOM MAKOBA
Gold Medal Kembali Diraih Tim KIR MAN Kota Batu di International Science and Invention Fair (ISIF) 2021

Deretan prestasi MAN Kota Batu di bidang Karya Ilmiah Remaja ternyata masih berlanjut. Gold Medal berhasil diraih lagi di kompetisi International Science and Invention Fair (ISIF) 2021.

01/12/2021 07:12 WIB - PUSKOM MAKOBA