• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

MAN KOTA BATU BERTABUR PRESTASI DI BIDANG KTI

MAN Kota Batu  kembali menorehkan prestasi di penghujung tahun 2021. Setelah berbagai medali berhasil diraih oleh Tim KIR MAN Kota Batu di kancah nasional dan Internasional, kali ini inovasi bertajuk Fortifikasi Umbi Rumput Teki (Cyperus rontudus) dalam biskuit “B-rumtek” sebagai Pelancar Siklus Menstruasi mampu meraih medali emas dan memenangkan nominasi semi grand award pada ajang National Applied Science Project Olympiad (NASPO). Kompetisi ini diselenggarakan oleh Indonesia Young Scientist Association (IYSA) yang bekerjasama dengan BUCA IMSEF, Turkey, Malaysia Innovation Invention Creativity Association (MIICA), The Union of Arab Academics, Departemen Aktuaria Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Science Hunter Indonesia.

Tim KIR yang terdiri atas Riko Alifsah Wali (X IPS 2), Kresna Adi Prasetya (X IPS 3), Raicha Fathimah Al Batul (X MIPA 2), Arum Azzahra (X MIPA 1), dan Maulana Muhammad Alayuddin (X IPS 3) mengaku sengaja memilih jalur online. Meskipun sebenarnya kompetisi ini digelar secara online dan offline. Setelah melakukan persiapan selama 3 bulan, mereka melakukan registrasi di tanggal 10 November 2021 dan dilanjutkan dengan pengumpulan extended abstract dan poster di tanggal 15 November 2021. Opening ceremony NASPO dan I2SPO baru dilaksanakan pada 11 Desember 2021 dan pada hari berikutnya, mereka melaksanakan presentasi.

Penelitian ini bermula dari kegelisahan peneliti akan banyaknya gulma rumput di sekitar tempat tinggal mereka. Di antara rumput-rumput yang merisaukan para petani ini terdapat rumput teki yang ternyata umbinya memiliki kandungan minyak atsiri dan flavonoid untuk mengatasi stres dan bisa berdampak pada siklus mestruasi wanita. Bahan tersebut kemudian dikembangkan menjadi biskuit yang banyak diminati para remaja sehingga diharapkan bisa membantu mengatasi siklus menstruasi mereka yang tidak teratur.

Sebelum dicobakan kepada para responden, biskuit rumput teki atau yang biasa disebut B-rumtek ini sudah melalui uji proksimat untuk mengetahui kandungan nutrisi dan uji organoleptik atau uji sensori untuk menguji kualitas produk di Laboraturium Universitas Brawijaya. Baru kemudian B-rumket diberikan kepada para responden dan menunjukkan dampak positif berupa siklus mentruasi mereka yang lebih teratur.

Kresna mengaku senang sekali bisa meraih prestasi ini. Mereka merasa perjuangan selama ini terbayar sudah mengingat ketika pengerjaan ada beberapa kendala yang mereka hadapi. Selain bersamaan dengan pelaksanaan Penilaian Akhir Semester, mereka juga merasa kesusahan dalam membagi waktu dengan kegiatan yang lain. Ada banyak hal baru yang harus mereka pelajari demi sempurnanya penelitian ini terutama bidang kewirausahaan. Meski demikian, mereka tidak lantas puas dengan prestasi ini. Mereka berharap bisa mendapatkan prestasi lain yang lebih baik di kemudian hari. (Vita & Tim Redaksi)

Komentar

Selamat Ats prestasi yg diraih, sukses kedepannya

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PEMBINAAN APARATUR SIPIL NEGARA DI LINGKUNGAN KEMENAG KOTA BATU

Merupakan suatu kehormatan bagi MAN Kota Batu menjadi tuan rumah  penyelenggaraan pembinaan ASN di lingkungan Kemenag Kota Batu oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jaw

18/01/2022 13:23 WIB - PUSKOM MAKOBA
TIM KIR MAN Kota Batu Kembali Meraih Gold Medals dan Special Award dalam Ajang Internasional

  Batu, 14 Desember (14/12) 2021 MAN Kota Batu kembali berhasil memperoleh medali emas dan Special Award pada ajang lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR) yaitu I2ASPO (Indonesia Internas

15/12/2021 12:11 WIB - PUSKOM MAKOBA
MAN Kota Batu Raih Juara 2 Musabaqah Hifdzil Qur`an Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021

MAN Kota Batu kembali menorehkan prestasi gemilang. Kali ini Aminah Rahma Sari, siswi kelas XII MIPA 2 meraih Juara 2 di ajang Gebyar Brawijaya Qur`ani 2021 untuk cabang lomba Musabaqah

01/12/2021 07:29 WIB - PUSKOM MAKOBA
Gold Medal Kembali Diraih Tim KIR MAN Kota Batu di International Science and Invention Fair (ISIF) 2021

Deretan prestasi MAN Kota Batu di bidang Karya Ilmiah Remaja ternyata masih berlanjut. Gold Medal berhasil diraih lagi di kompetisi International Science and Invention Fair (ISIF) 2021.

01/12/2021 07:12 WIB - PUSKOM MAKOBA