• MAN KOTA BATU

  • Terwujudnya Madrasah Unggul dan Bermartabat

Safari Ramadhan MAN Kota Batu Tahun 2022

MAN Kota Batu tahun ini kembali menggelar kegiatan Safari Ramadhan. Tahun ini kegiatan tersebut dilaksanakan dalam serangkaian kegiatan yang dimulai pada tanggal 19 April sampai dengan 22 April 2022. Kegiatan Safari dilaksanakan oleh Pengurus OSIS bersama dengan perwakilan kelas X dan kelas XI. Rangkaian kegiatan Safari Ramadhan dimulai dengan pengabdian kebeberapa TPQ pada tanggal 19 dan 20 April, kemudian dilanjutkan dengan bersih masjid dan bakti sosial pada tanggal 21 April, serta acara puncak pada tanggal 22 April 2022.

19 April (19/04) 2022 pukul 15.00 WIB, perwakilan MAN Batu memulai pengabdian ke TPQ antara lain TPQ Nurul Ikhsan Beji, TPQ Darunnajah Pujon, dan TPQ Nurul Hidayah I dan II Torongrejo. Para santri dan ustadzah Taman Pendidikan Al-Qur`an (TPQ) dipenuhi rasa gembira dengan hadirnya OSIS MAN Kota Batu dalam kegiatan safari Ramadhan tahun ini. Pembukaan kegiatan ini dihadiri para guru dan beberapa panitia kegiatan yang sudah menyiapkan berbagai bentuk acara menarik bagi para santri TPQ. Para ustadzah pun juga turut meriahkan kegiatan ini sampai selesai.

Ana Rahmawati, S.Pd selaku wakil kepala madrasah bidang kesiswaan MAN Kota Batu menyampaikan bahwa kegiatan ini setiap tahun diadakan secara rutin dalam kegiatan safari Ramadhan. Tahun lalu sudah dilakukan pada 2 lokasi dan saat ini ada 4 lokasi yang dikunjungi yaitu TPQ Nurul Ikhsan Beji, Nurul Hidayah1, Nurul Hidayah 2 Torongrejo dan Darunnajah Jurangrejo Pandesari Pujon. Harapan beliau dengan kegiatan ini dapat melatih mereka bagaimana berbagi dan praktek dalam mengajarkan ilmu-ilmu yang mereka dapat dari madrasah.

Pada salah satu sambutan dari pihak TPQ ustadzah Nurul Sofiyah selaku wakil ketua TPQ Nurul Hidayah menceritakan bahwa TPQ ini ada pusatnya yang berada di Masjid. Beliau sangat senang dengan adanya kegiatan safari Ramadhan ini, pasalnya OSIS MAN Kota Batu merupakan tamu pertama yang hadir dan ini akan memberikan warna baru bagi para santri TPQ. Harapannya mereka dapat bertukar pendapat untuk kemajuan TPQ ini dengan para pemuda seperti anak-anak OSIS dalam pembelajaran Al-qur`an kepada para generasi penerus.

Kegiatan Safari Ramadhan kali ini bertemakan “Kuatkan hati dengan iman meniti ramadhan dengan kebaikan”. Septia Pingki Karina Putri selaku ketua panitia kegiatan mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih interaksi siswa/siswi kepada masyarakat luar, membantu masyarakat dan siswa/siswi MAN Kota Batu yang kurang mampu dalam ekonomi, dan membiasakan siswa/siswi MAN untuk saling berbagi bersama. Selain memberikan pembelajaran kepada para santri TPQ, OSIS MAN Kota Batu juga melakukan pengabdian bersih masjid dan bakti sosial (Baksos) dengan memberikan bingkisan lebaran kepada masyarakat sekitar TPQ secara door to door pada hari berikutnya.

Safari Ramadhan MAN Kota Batu diakhiri dengan acara puncak yang digelar di Jalan Diran Kota Batu bersamaan dengan kegiatan Meduran Berbagi. Pada acara puncak MAN Kota Batu menampilkan tari Saman, Banjari, Singer, dan Da’i yang dibawakan oleh siswa-siswi MAN Kota Batu dengan apik dan disambut antusias oleh masyarakat yang hadir dalam acara tersebut. Dalam acara tersebut MAN Kota Batu berkesempatan untuk berbagi kebahagiaan dengan memberikan donasi Meduran Berbagi, santunan anak yatim, dan berbagi takjilsebagai misi memperoleh keberkahan di Bulan Ramadhan yang mulia ini.(team RedAksi)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Kemeriahan Ground Breaking (Peletakan Batu Pertama) Pembangunan Gedung Ruang Kelas Baru (RKB) MAN Kota Batu

Batu, 21 Juni (21/06) 2022 acara Ground Breaking (Peletakan Batu Pertama) Pembangunan Gedung Ruang Kelas Baru (RKB) MAN Kota Batu tepat dimulai pukul 16.00 WIB di lokasi pembangunan. Ke

22/06/2022 08:16 WIB - PUSKOM MAKOBA
MAN Kota Batu Sepakati Kerjasama dengan PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk

Senin, 13 Juni 2022  MAN Kota Batu menggelar acara  dalam rangka penandatanganan kesepakatan kerjasama antara MAN Kota Batu dan PT. Bank Syariah Indonesia, Tbk. Kegiatan ini d

13/06/2022 14:18 WIB - PUSKOM MAKOBA
Dua siswi MAN Kota Batu Ukir Prestasi di Final KOSSMI 2022

MAN Kota Batu- Alhamdulillah. Raihan prestasi akademis tingkat nasional kembali diukir oleh siswa MAN Kota Batu. Kali ini dua siswi kelas XI atas nama Qonitah Diyanah Fardah (XI&nb

06/06/2022 14:25 WIB - PUSKOM MAKOBA
Gebyar Wisuda “Haflah Akhirussanah” MAN Kota Batu Tahun Pelajaran 2021-2022

Setelah 2 tahun pandemi Covid-19, MAN Kota Batu kembali menggelar Haflah Akhirussanah untuk kelulusan siswa siswi kelas XII tahun pelajaran 2021-2022. Acara yang digelar pada Kamis, 1

13/05/2022 09:14 WIB - PUSKOM MAKOBA