MAN Kota Batu Hadiri Rakor Zona Integritas Kemenag Kota Batu

Home | Daftar Berita

MAN Kota Batu Hadiri Rakor Zona Integritas Kemenag Kota Batu


MAN Kota Batu Hadiri Rakor Zona Integritas Kemenag Kota Batu

26 November 2025 | Humas

MAN Kota Batu kembali menunjukkan komitmennya dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) dengan menghadiri Rapat Koordinasi Tim ZI yang digelar pada Rabu, 25 November 2025 di Aula PLHUT Kemenag Kota Batu. Kegiatan ini menjadi ajang penting bagi seluruh satker untuk memperkuat strategi, menyempurnakan evidence, dan memastikan kesiapan menuju penilaian ZI 2025. Selain itu kegiatan ini merupakan program kemenag yang diberi nama Program Persua-ZI (Pertemuan Satker Untuk Akselerasi Zona Integritas)

Dalam sambutannya, Kakemenag Kota Batu Zainal Arifin menegaskan pentingnya kehati-hatian dalam merilis berita untuk dipublikasikan. Sehingga informasi yang diterima masyarakat valid dan tidak menimbulkan kesalahpahaman. Zainal  mengingatkan perlunya koordinasi dalam segala informasi untuk menjaga integritas dan keselarasan berita antara kemenag dan satker.

Zainal Arifin juga menyoroti bahwa pelayanan publik tetap menjadi jantung Zona Integritas—pelayanan harus semakin sigap, cepat, dan tanggap, serta ditopang oleh inovasi yang relevan. Sebagai pilot project ZI, MAN Kota Batu mendapat dorongan khusus untuk menyelesaikan proses submit sebelum 31 Desember 2025. “Semangat ZI harus terus dijaga,” pesan Zainal Arifin selaku Kakemenag Kota Batu.

Suasana rakor semakin hangat dengan pemaparan Diki yang menekankan bahwa pelayanan publik adalah “wajah utama” ZI. Apa yang ditampilkan ke masyarakat akan menjadi titik perhatian utama asesor saat penilaian. Karena itu, seluruh bukti layanan harus disiapkan secara matang dan menyeluruh. Selain itu menurut Diki pada area manajemen perubahan harus kuat, karena disini merupakan pondasi sebuah rumah. Jika pondasi lemah maka akan roboh keseluruhan. Tak kalah penting pada area 4 penguatan akuntabilitas juga tak boleh bocor. Ibarat rumah area 4 adalah atap, jika bocor maka akan gagal rumah tersebut. Walau pun nilai sudah mencapai sempurna.

Sementara itu, Aida selaku Koordinator Pelayanan Publik memaparkan lima aspek penting yang wajib dipenuhi madrasah, mulai dari standar pelayanan, budaya melayani, sistem pengaduan, survei kepuasan, hingga pemanfaatan IT. Tak hanya itu, para koordinator dari Area 1 sampai Area 6 juga turut memberikan gambaran lengkap bagaimana menyusun evidence yang baik, rapi, dan mudah diverifikasi asesor.

Kasubbag TU Kemenag Kota Batu, Rohmatullah, memberikan pesan motivatif. Rohmatullah mengajak seluruh satker untuk mengubah mindset dan menghadirkan pelayanan terbaik sebagai bagian dari ibadah dan pengabdian kepada masyarakat. Rakor ini menjadi langkah penting bagi MAN Kota batu untuk terus memperkuat budaya kerja berintegritas, meningkatkan kualitas layanan dan mematangkan persiapan menuju penilaian Zona Integritas.